Home | salfaNews | Diproses 41 Tahun, Tukar Guling Tanah Kantor Desa Karangduren Rampung
tugul

Diproses 41 Tahun, Tukar Guling Tanah Kantor Desa Karangduren Rampung

Salfamedia.com Klaten – Kantor Desa Karangduren, Kecamatan Kebonarum batal digusur pemilik tanah. Hal itu menyusul proses tukar guling tanah rampung.

Kades Karangduren, M. Marsum, mengatakan tanah kantor desa dibangun pada 1973 di tanah milik warga desa setempat. Sebagai pengganti, pemilik tanah mendapat hak mengelola tanah kas desa.

Namun, beberapa tahun terakhir pemilik tanah meminta agar ada kejelasan status tanah. Jika tak kunjung ada kejelasan, pemilik tanah berniat mengambil kembali tanah yang dimanfaatkan untuk kantor desa pada 2017 mendatang. Alhasil, kantor desa terancam digusur.

Marsum menjelaskan proses mengurus kejelasan status tanah sudah dilakukan sejak 2011 lalu. Namun, selama ini proses mengurus status tanah terganjal masalah administrasi yakni tak ada dokumen serah terima pemanfaatan tanah warga untuk kantor desa.

“Akhirnya kami konsultasi ke pemkab serta BPN dan bisa diurus dengan dibuatkan peraturan desa untuk menyelesaikan administrasinya. Kami juga komunikasikan terus dengan pemilik tanah dalam hal ini Pak Kusnan Hadi Wiyono dan bersedia segera ada proses tukar guling. Akhirnya saat ini proses tukar guling selesai dan sudah ada sertifikat tanah,” urai dia.

Marsum menjelaskan luas tanah untuk kantor desa sekitar 2.000 meter persegi. Sementara, tanah pengganti yakni tanah kas desa sekitar 4.200 meter persegi.

Ia menjelaskan meski lebih luas tanah pengganti, harga jual tanah setara dengan tanah yang digunakan untuk kantor desa.

“Kalau diharga sama-sama sekitar Rp400 juta. Untuk tanah pengganti itu berada di tengah desa. Sementara, tanah untuk kantor desa berada di tepi jalan raya,” ungkapnya.

Camat Kebonarum, Joko Purwanto, mengatakan persoalan kejelasan status tanah kantor Desa Karangduren sudah berlangsung lama.

“Akhirnya kami urai permasalahannya termasuk kami komunikasikan ke pemilik tanah. Hingga diurus ke BPN dan sertifikat bisa keluar setelah 3,5 bulan diurus,” jelas dia.

Comments

Baca Juga

IMG-20210918-WA0056

Sidak di SDN 2 Barenglor Kadisdik Ajak Taati Prokes Selama PTM

Klaten (salfamedia.com) —- Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Klaten Wardani Sugiyanto melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke ...