Home | salfaNews | Bangsal Sawitri Terbakar, Tiga Pasien Dievakusi
Karyawan RSCH Klaten saat evakuasi pasien dalam simulasi bencana kerjasama dengan BPBD
Karyawan RSCH Klaten saat evakuasi pasien dalam simulasi bencana kerjasama dengan BPBD

Bangsal Sawitri Terbakar, Tiga Pasien Dievakusi

Klaten –  Kebakaran melanda di bangsal Sawitri  Rumah Sakit Cakra Husada (RSCH) Klaten, titik kepulan asab ditemukan dari  ruangan tersebut kali pertama diketahui seorang petugas clenaing service, puluhan pasien berhamburan keluar , tiga pasien berhasil dievakuasi  tim medis, kejadian ini merupakan bagian dari pelaksanaan simulasi bencana yang dialkukan RSCH Klaten bekerjasama dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Klaten.

Direktur Admistrasi dan keuangan RSCH Klaten Made Sumiartha mengatakan, simulasi ini dilakukan sebagai bentuk komitmen institusi kesehatan mewujudkan Rumah Sakit  tanggap bencana. Dengan simulasi ini diharapkan seluruh karyawan RSCH Klaten dapat memahami  prosedur yang benar tentang penanganan ketika terjadi bencana.

“ Klaten merupakan daerah rawan bencana  sehingga SDM di rimah sakit harus memiliki bekal penanganan bencana di rumah sakit untuk melindungi pasien terhdap berbagai resiko bencana yang terjadi”,katanya, Senin  (26/9).

Madhe mengungkapkan sebelumnya Rumah Sakit juga telah melakukan  simulasi  untuk penggunaan alat pemadam kebakaran (Apar), sedaangkan simulasi kali ini lebih difokuskan pada simulasi penanganan bencana kebakaran (code red).

Edi priyanto staf bidang kesiapsiagaan  BPBD Klaten mengatakan  simulasi penanganan bencana ini  juga telah dilakukan di beberapa instansi swasta, lembaga pendidikan, perusahaan dan berbagai tempat lainnya untuk mengurangi resiko korban bencana.

“ Kita perlu mensosialisasikan tata cara yang benar penanganan bencana, agar masyarakat semakin paham dan dapat meningkatkan kewaspadaan saat terjadi bencana seperti kebakaran, gempa dan potensi bencana lainnya”,ujarnya.

 

Comments

Baca Juga

FB_IMG_1620480475718

Panitia Imlek Nasional Salurkan 20 Ton Beras dan Ribuan Masker di Klaten Buat Warga Dhuafa

KLATEN (salfamedia.com) —- Panitia Imlek Nasional kembali melaksanakan program Pengusaha Peduli NKRI, dengan menyalurkan bantuan ...