Home | salfaNews | Rombongan Kedua Pasien Covid-19 Klaten, 50 Orang Masuk Donohudan
IMG-20210724-WA0242

Rombongan Kedua Pasien Covid-19 Klaten, 50 Orang Masuk Donohudan

KLATEN (salfamedia.com) —- Hari kedua pelaksanaan managemen kontijensi, 50 warga Klaten yang terkonfirmasi positif covid-19 kembali dievakuasi ke lokasi isolasi di Asrama Haji Donohudan, Sabtu (24/7/21) siang.

Proses pemindahan warga dari Klaten menuju Boyolali tersebut melibatkan aparat gabungan dari Polda Jateng, Kodam IV/Diponegoro, Polres dan Kodim Klaten serta Pemkab Klaten. Sejumlah pejabat juga memantau jalannya evakuasi diantaranya Irwasda Polda Jateng, Bupati Klaten Sri Mulyani, Kapolres Klaten AKBP Edy Suranta Sitepu dan Komandan Kodim 0723/Klaten Letkol Inf Joni Eko Prasetyo.

Proses evakuasi warga mulai dilakukan pada pagi hari. Puluhan mobil ambulan yang membawa warga terkonfirmasi positif covid-19 dari masing-masing kecamatan datang ke GOR Gelarsena Klaten. Usai pengecekan dari petugas kesehatan, sekira pukul 13.30 Wib 50 warga yang terkonfirmasi positif tersebut diangkut menuju Asrama Haji Donohudan dengan menggunakan 3 Bus Brimob dan dikawal oleh aparat TNI-Polri.

Kepada awak media Kapolres Klaten menjelaskan bahwa selain Asrama Haji Donohudan, hari ini pihaknya juga akan mengisi lokasi isolasi terpusat di Klaten yang jumlahnya 913 titik. Ia menghimbau kepada warga yang terkonfirmasi positif covid-19 tanpa gejala maupun dengan gejala ringan untuk mau menjalani isolasi di lokasi yang disediakan pemerintah tersebut.

“Saya minta kepada masyarakat untuk dengan sukarela melakukan isolasi terpusat di kecamatan, di desa-desa yang telah dipersiapkan ataupun di kabupaten dan di Donohudan,”ucapnya.

IMG-20210724-WA0241

Kapolres menambahkan bahwa kebijakan isolasi terpusat dimaksudkan untuk untuk menekan angka penularan covid-19 khususnya dari cluster keluarga. Pemisahan antara anggota keluarga yang positif covid-19 dengan yang sehat menurutnya adalah langkah paling efektif yang bisa dilakukan saat ini. Di lokasi isolasi terpusat kondisi kesehatan warga yang positif covid-19 juga menjadi perhatian pemerintah sehingga lebih terjamin keselamatannya.

“Tentunya di lokasi isolasi terpusat, yang pertama makanan pasti terjamin, obatan obat-obatan terjamin dan dijaga nakes selama 24 jam. Akan Kemudian akan dilakukan pengecekan bisa 7 hari atau 14 hari apabila hasilnya sudah negatif, akan dievaluasi nanti akan dipulangkan.”ucapnya.

Irwasda Polda Jateng Kombes Pol Mashudi dalam kesempatan tersebut menyampaikan bahwa kegiatan tersebut dilakukan sesuai dengan perintah Kapolda Jateng yakni menerapkan kontijensi untuk wilayah Klaten karena kasus aktif Kabupaten Klaten cukup tinggi, yakni diatas 4000 kasus per hari.

Kontijensi tersebut dilaksanakan dengan kegiatan baik itu preentif, preventif, maupun kegiatan-kegiatan treatment. Kegiatan preentif diantaranya melakukan penggalangan, bhakti sosial/ bantuan sosial. Sedangkan kegiatan preventif adalah melakukan kegiatan penerangan keliling guna mengimbau masyarakat untuk tidak berkerumun, membatasi kegiatan masyarakat termasuk penyemprotan desinfektan. Kemudian penanganan treatment kepada masyarakat yang positif harus dipisahkan dengan yang sehat, karena apabila bercampur maka akan terjadi penularan kepada masyarakat yang lain sehingga akan menimbulkan kenaikkan angka covid-19.

” Dengan dipisahkannya masyaakat yang positif dengan yang sehat, diharapkan adanya penurunan kasus terkonfirmasi positif covid-19 di wilayah Klaten,”ucapnya.

Kombes Pol Mashudi menambahkan bahwa sudah dua hari terakhir melakukan evakuasi 102 orang ke Asrama Haji Donohudan. Terlihat masyarakat sudah banyak yang sadar dan langsung menempati isolasi-isolasi rujukan yang ada di kecamatan.

” Semoga dengan dilaksanakannya hal tersebut masyarakat semakin sadar untuk menempati tempat isolasi yang telah disiapkan oleh Pemerintah Daerah Klaten dan dapat menurunkan nilai kasus aktif dan penambahan covid-19 positif harian,”pungkasnya.

Comments

Baca Juga

PhotoGrid_Plus_1631870590343

Warganya Baru Tervaksin 40 persen Pemdes Candirejo Kebut Vaksinasi

KLATEN (salfamedia.com) —- Vaksinasi massal Desa Candirejo Kecamatan Ngawen Klaten 250 warga dapat suntikan vaksin ...