Home | salfaNews | Toko Bunga Ahad Tani, Kembangkan Budi Daya Tanaman Hias
NGATNO 1

Toko Bunga Ahad Tani, Kembangkan Budi Daya Tanaman Hias

Klaten (salfamedia) – Memiliki usaha saat ini seperti sebuah impian bagi semua orang. Tak perlu bekerja fulltime, tanpa terikat waktu namun masih tetap menghasilkan. Untuk mulai menciptakan peluang usaha, Anda bisa memulainya dari rumah. Salah satu solusinya adalah dengan menjalankan usaha agrobisnis yang saat ini sudah cukup banyak dilirik oleh masyarakat. Selain tak membutuhkan modal yang cukup besar, pengelolaan bisnis tersebut pun terbilang lebih mudah.

Seperti yang dilakukan oleh Ngatno, pemilik Toko Bunga Ahad Tani yang beralamat di Jeblog, Karanganom, Klaten,  yang juga Direktur Bumdes Nglorog Rejo. Ngatno memulai usaha Agrobisnis kususnya budi daya tanaman hias dan bibit tanaman buah juga pengadaan pupuk organik dan segala peralatan untuk mengembangkan bibit tanaman bunga.

Berawal dari pedagang bunga keliling antar desa Ngatno menekuni usaha ini dengan telaten dan kesabaran. Hal ini karena dilandasi keyakinan usaha tanaman hias ini mempunya prospek usaha yang sangat menjanjikan, terbukti berkat kegigihan dan optimis menjadi penjual bunga keliling, saat ini Ngatno sudah mempunya Toko Bunga di 2 tempat, yaitu di daerah Majegan, Kecamatan Tulung dan di Desa Jeblog,bahkan dari usahanya tersebut saat ini sudah memiliki puluhan Orang karyawan.

“Usaha tanaman bunga ini yang penting bermodalkan ketekunanm sabar dan kreatip serta tidak kalah pentingnya adalah optimis dan optimis. Awalnya memang banyak masyarakat yang mencemooh, di kampung kok jual tanaman bunga apa ya ada yang beli,” jelas Ngatno

Namun lanjut Ngatno dengan bekal percaya diri dan rasa optimis segala cemoohan dianggap sebagai ujian. Bahkan justru membuat semangat yang tinggi untuk membuktikan apa yang sedang dia kerjakan akan membuahkan hasil. Terbukti Ngatno mulai merasakan adanya kemajuan dalam usahanya, pesanan selalu datang hingga kebun yang dipakai untuk budidaya prodiksi bibit bunga dan buat tidak cukup, hingga disewalah beberapa lahan sawah untuk pengembangan usahanya. Bahkan Dia membuka cabang Toko Ahad Tani di daerah Majegan, Kecamatan Tulung.

Semua bibit bunga, bibit buah, berbagai macam rumput untuk taman di produksi sendiri, berbagai inovasi dilakukan, percobaan penggabungan jenis tanaman selalu dicoba. Dan hasilnya bisa dilihat di tempat usahanya berbagai jenis tanaman dari produksi sendiri banyak ditemukan.

Ngatno juga membuka usaha jasa pembuatan taman, bekerjasama dengan beberapa temannya Ngatno ikut membuat penghijauan dengan jenis tanaman sawit di Taman Kota, bahkan sepanjang jalan antara Terminal Ir Soekarno hingga Rumah Sakit Bagas Waras, tanaman sawit di sepanjang tepi jalan adalh produk dari usahanya.

“Untuk jenis tanaman bunga spesialis di Toko Ahad Tani adalah jenis Bunga Bougenvil, Bougenvil yang paling kecil dan daun satu warna dihargai Rp 30.000,-  yang sudah 3 warna atau 4 warna Rp 45.000,-  sedang yang tanggung ketinggian sekitar 45 cm  untuk daun 4 warna Rp 150.000,-  ketinggian sekitar 75 cm hingga 1 meter harga sekitar Rp 250.000,- sedang untuk ketinggian 1,5 meter dan sudah divariasi dan daunnya ada 5 sampai 6 warn harga sekitar Rp 2,5 juta rupiah,” ungkap Ngatno.

Disinggung mengenai pembuatan berbagai warna daun bunga bougenvil Ngatno menjelaskan dengan metode sambung pucuk. Selain bunga Bougenvil ada juga Bunga Tapang Kencana, Bunga Flamboyan, Bunga Prono Jiwo, Bunga Sawit, Bunga Anggrek. Selain itu untuk tanaman sebagai perindang adan buah mangga, buang klengkenh, berbagai jenis buah jambu. Juga ada rumput  gajah, rumput jepang, juga tersedia pot bunga dari berbagai jenis serta pupuk untuk penyubur tanaman.

“Untuk harga bibit tanaman buah itu tergantung dari jenis buah dan ketinggian, harga rata-rata  berkisar antara Rp 30.000 hingga Rp 300,000 bahkan ada yang harga Rp 750.000 hingga Rp 1 juta.Sedang bibit rumput  jepang per meter persegi harga Rp 30.000 tapi kalau pas musim kemarau bisa mncapai Rp 65.000, sedang untuk rumput gajah (jenis rumput  taman)  per meter persegi Rp 45,000,-,” papar Ngatno

“Ngatno selain seorang pengusaha Tanaman Hias juga aktif memimpin Bumdes bahkan sebagai Direktur Bumdes Nglorog Rejo, Jeblog berharap kepada teman-teman Bumdes barangkali ada yang membutuhkan jenis tanaman bunga dan buah serta jasa pembuatan taman bisa menghubungi langsung di Toko Ahad Tani atau kontak ke no Hp/WA 0813 2900 4369”

 

 

Comments

Baca Juga

IMG-20190820-WA0053

Pergantian Komandan, Danrem 074/Warastratama Pimpin Sertijab Dandim 0723/Klaten

Klaten (salfamedia.com) — Letkol Kav Minarso secara resmi dilantik menjabat Komandan Distrik Militer (Kodim) 0723/Klaten, ...