Home | salfaNews | Tangani Persoalan Sampah, Desa Kalikotes Miliki TPS 3R
FB_IMG_1614686472149

Tangani Persoalan Sampah, Desa Kalikotes Miliki TPS 3R

Klaten (salfamedia.com) —– Pemerintah desa Kalikotes kecamatan Kalikotes Klaten telah menyiapkan konsep TPS3R terkait persoalan timbunan sampah di wilayahnya. Pemdes mendapatkan bantuan berupa gedung, alat pengolah sampah hingga armada pengangkutnya.

“Diberikan bantuan dari dinas lingkungan hidup dan kehutanan berupa gedung, mesin pengolah serta pinjam pakai mobil Grand max sebagai sarana pengangkut sampahnya,”kata Ponidi saat ditemui wartawan di balai desanya, Selasa pagi (2/3/2021).

Lanjutnya, TPS3R merupakan Tempat Pengelolaan Sampah Reuse, Reduce, dan Recycle (mengurangi – menggunakan – daur ulang) lalu pendekatan pengelolaan 3R mulai dari menjemput sampah dari tiap rumah, pemilah sampah, pengelolaan sampah organik yang akan dijadikan kompos.

Saat ini TPS3R ditangani oleh KSM yang dikomandani oleh Maryadi serta tenaga pemilahan sampah ada lima orang dan setiap hari ada ditempat.

Saat ini sampah yang diolah yang ada di desa Kalikotes dengan diambil dari rumah ke rumah menggunakan Grand max. Adanya TPS3R ini lingkungan semakin bersih, serta kesadaran masyarakat untuk memilah memilih sampah rumah tangga sehingga kelestarian alam bisa terjaga.

“Dengan adanya TPS3R diharapkan kesadaran masyarakat meningkat dengan cara dapat memilah dan memilih sampah , ada tidak dibuang ke sungai,”pungkasnya.

Comments

Baca Juga

IMG-20210415-WA0080

Polres Klaten Planning Pelayanan Terpadu Satu Pintu

klaten (salfamedia.com) —- Perbaikan layanan kepada masyarakat kembali akan dihadirkan oleh Polres Klaten. Nantinya masyarakat ...