Home | salfaNews | Tak Hanya Wifi Gratis, Pemdes Pundungan Sediakan Makan Siang untuk Siswa
Kades Pundungan, Danang Setyawan saat menengok siswa yang tengah mengerjakan soal UTS di joglo Sindon
Kades Pundungan, Danang Setyawan saat menengok siswa yang tengah mengerjakan soal UTS di joglo Sindon

Tak Hanya Wifi Gratis, Pemdes Pundungan Sediakan Makan Siang untuk Siswa

Klaten (salfamedia.com) —- Langkah positif dilakukan Pemerintah Desa Pundungan Kecamatan Juwiring Klaten. Yaitu dengan menyediakan jaringan internet gratis bagi pelajar dengan menempati sebuah joglo aset warga.

Pemandangan tak aneh pun terlihat di Joglo yang terletak di Dukuh Sindon desa setempat, dimana nampak para siswa duduk di pendopo. Sebagian duduk lesehan di karpet dan sebagian lagi duduk di kursi yang disediakan. Mereka adalah pelajar SD di desa tersebut.

Menurut Kades Pundungan, Danang Setyawan penyediaan internet gratis dan tempat belajar tersebut merupakan kepedulian desa terhadap kondisi para siswa. Dimana para siswa harus belajar di rumah karena belum diizinkan masuk sekolah akibat dampak Covid-19.

FB_IMG_1614935961232

Dijelaskan, akibat Covid-19, maka siswa harus belajar di rumah masing- masing. Pembelajaran pun dilakukan lewat daring. Dimana siswa bisa mengakses pelajaran melalui ponsel miliknya. Praktis, orang tua siswa harus menyediakan kuota internet.

Karena melalui daring tidak semua anak anak bisa, sebab tidak semua orang tua mampu membelikan handphone, serta lingkungan berbeda beda ada yang sekolah lingkupnya hanya satu desa, dan terlihat pergaulannya juga sama, maka dengan mengumpulkan mereka malah justru lebih mudah mengawasi tentang protokol kesehatan,”kata Danang.

Lanjutnya, sarana pembelajaran di joglo tersebut juga berupa meja serta karpet. Tak hanya itu juga ada donatur berupa makanan serta tenaga pembimbing. Ia mengklaim yang paling utama dari gerakan ini agar akal pikiranya bisa terasah terus, juga salah satu problem orang tua tidak semua bisa mendampingi dengan alasan pekerjaan.

“Dengan bmbingan belajar di joglo maka pendidikan anak tak terganggu, maka dari Pemerintah Desa mengambil langkah seperti ini dengan adanya fasilitas umum dari warga berupa Joglo dengan kita fasilitasi Wifi, meja serta ada donatur untuk kepentingan anak anak yang belajar, “pungkasnya.

Adapun anak-anak yang belajar di joglo tersebut berjumlah 74 anak dari desa Pundungan. Mereka datang secara bergiliran untuk mengerjakan soal-soal UTS ataupun belajar materi lainnya. Pada sore hari, bertempat di joglo itu pula diselenggarakan kegiatan pengajian TPA dengan tetap mematuhi protocol kesehatan.

Comments

Baca Juga

IMG-20210415-WA0080

Polres Klaten Planning Pelayanan Terpadu Satu Pintu

klaten (salfamedia.com) —- Perbaikan layanan kepada masyarakat kembali akan dihadirkan oleh Polres Klaten. Nantinya masyarakat ...