Home | salfaNews | Tahun 2017, BPN Klaten Legalisasi Aset Prona 9 ribu Bidang
BPN

Tahun 2017, BPN Klaten Legalisasi Aset Prona 9 ribu Bidang

Klaten, Salfamedia.com Kantor Pertanahan Agraria dan Tata Ruang (BPN/ATR) Kabupaten Klaten pada tahun anggaran 2017 akan melegalisasi aset prona sejumlah 9000 bidang tanah. Untuk kelancaran program tersebut, beberapa waktu lalu telah dilakukan sosialisasi pertanahan kepada 401 kepala desa dan lurah se-Kabupaten Klaten, dengan harapan agar desa yang berminat untuk segera mengusulkan.

“ Program Prona adalah pelayanan pendaftaran pertama kali dengan proses yang sederhana, mudah, cepat dan murah dalam rangka percepatan pendaftaran tanah diseluruh Indonesia untuk menjamin kepastian hukum hak atas tanah. Biaya pengelolaan penyelenggaraan PRONA dibebankan dalam APBN pada alokasi DIPA Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional,”  kata Cahyono, SH.MM  Kepala BPN Kabupaten Klaten..

Sementara itu M. Istnaini  (Kasubsi Tanah Pemerintah)  BPN Klaten, seusai memberikan penyuluhan Program Prona di desa Ceporan, Gantiwarno mengatakan ,” Untuk tahun 2017 BPN Klaten melalui program prona ini ditargetkan 9.000 bidang tanah, ditambah 200 bidang lainnya merupakan lintas sektoral masing-masing seratus bidang tanah pertanian dan seratus bidang lagi obyek UMKM”.

Lebih lanjut Itsnaini menjelaskan 9000 bidang tanah yang akan dilegalisasi itu tersebar di 72 desa pada 19 kecamatan. Dari sosialisasi pertanahan beberapa waktu lalu target 9000 bidang itu sudah tercapai. Sedangkan yang masih menjadi persoalan yakni 200 bidang untuk lintas sektoral yang belum diketahui obyek, subyek dan namanya.

“Kalau kedua SKPD itu telah menyerahkan nama, subyek dan obyeknya, kami akan segera melangkah untuk cek lapangan. Apakah nama dan obyek yang diusulkan itu sudah pernah terbit sertifikat atau belum. Kalau memang belum pernah terbit sertifikat akan kami laporkan ke kanwil dan segera dilaksanakan,” ujarnya.

Istnaini juga menjelaskan karena kini telah dikeluarkan Peraturan Menteri ATR/Kepala BPN Nomor 35 tahun 2016 tentang Percepatan Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap. (kebijakan bahwa Pengumuman Data Fisik dan Yuridis hanya 14 hari). Yang sebelumnya jika mengacu pada sistem Pendaftaran Tanah Sporadis Pengumuman butuh waktu 60 hari. Maka ditargetkan pada bulan April ini sudah ada sertifikat yang diserahkan ke masyarakat.

Comments

Baca Juga

IMG_20190822_140457

50 Anggota DPRD Klaten Dilantik, Ini Harapan Ganjar Pranowo

Klaten (salfamedia.com) — Masyarakat Klaten resmi memiliki wakil baru di gedung DPRD kabupaten Klaten. Sebanyak ...