Home | salfaEkbis | Sazli Rais, Berjaya dengan Wader Goreng dan Nila Crispy
Sazli

Sazli Rais, Berjaya dengan Wader Goreng dan Nila Crispy

Klaten (salfamedia) – Bagi sebagian orang, usaha ini mungkin dianggap sepele: menggoreng wader dan ikan Nila, untuk diolah menjadi wader goreng yang  renyah dan nila crispy, namun berkat keuletan Sazli Rais dan keluarganya olahan ikan air tawar yang diberi merek Rojo ini mampu meraih keuntungan jutaan rupiah.

Selain ikan jenis wader Sazli Rais yang juga menjabat Direktur Bumdes Krakitan, Bayat,  Klaten ini, juga mengolah udang yang dibuat menjadi peyek yang enak, bahkan sangat diminati oleh banyak masyarakat. Hingga tidak heran, olahan kreasi yang juga merupakan usaha turun temurun dari keluarga ini harus mendatangkan bahan baku dari Wonogiri  karena hasil dari Waduk Jimbung tidak mencukupi

IMG-20181229-WA0021Sazli Raiz memulai usaha ini adalah warisan dari usaha keluarga, dirinya tinggal membuat kresai jenis masakan baru mengikuti selera konsumen, jangan heran berkat menjaga mutu dan kebersihannya Usaha Wader Goreng dan Nila Crispy ini yang diberi nerek Rojo sudah mendapatkan sertifikat Halal dai Majlis Ulama Indonesia (MUI).

Kini olahan ikan air tawar Sazli Rais telah populer sebagai salah satu oleh-oleh khas Rawa Jimbung atu Desa Krakitan.. Wader goreng yang krenyes-krenyes,peyek udang yang lezat dan gurih  menjadi daya tarik utama bagi konsumen.

Rahasia krenyes-krenyes dan lezat olahan Sazli Rais  itu terletak pada cara menggorengnya, yaitu melalui dua tahap penggorengan. Pertama, wader digoreng dengan tepung kering.untuk mendapatkan wader goreng siap konsumsi, wader gorengan pertama di campur dengan tepung basah lalu digoreng kembali. Hasil dari penggorengan tahap kedua ini bisa tahan sampai tiga bulan. Jangan kawatir walaupun ikannya kecil-kecil Sazli Rais tetap dibelek untuk membesihkan kotoran sehingga rasanya tidak pahit.

IMG-20190116-WA0068Olahan yang sudah digoreng lantas di masukkan dalam kemasan plastik dengan berbagai ukusan, sehingga konsumen tinggal membeli sesui dengan kemampuan keungan.

”Kemasan penting untuk menarik konsumen. Kalau dibuat menarik, mereka bisa memanfaatkannya untuk oleh-oleh,” jelas Sazli Rais

Sebagai seorang Direktur Bumdes di desanya Sazli Rais juga sedang merencanakan berbagai usaha yang dikelola oleh Bumdes untuk dapat meningkatkan PAD desa Krakitan. Usaha yang sedang mulai dikembangkan diantaranya pasar desa, wisata air, foto copy dan pembangunan ruko sebagai sarana pusat jual beli yang dipadu dengan pasar desa.

“Rancangan pengembangan usaha Bumdes sudah mulai dirintis, pelan tapi pasti kami bekerjasam dengan pemerintah Desa Krakitan, Pengurus Bumdes dan masyarakat optimis, apa yang sudah direncanakan dan dirembug melalaui rapat desa akan membuahkan hasil dengan optimal,” jelasnya.

 

Comments

Baca Juga

madu

Madu Laki Long Life, Saatnya Anda Menjadi Perkasa

Jangan pernah anggap enteng masalah seksual. Itu pesan penting yang perlu disebarkan. Betapa tidak, problema ...