Home | salfaEkbis | PT TIV-AQUA Klaten Komitmen Dukung Penuhi Hak Penyandang Disabilitas
IMG_22042022_181206_(900_x_600_piksel)

PT TIV-AQUA Klaten Komitmen Dukung Penuhi Hak Penyandang Disabilitas

PT TIV-AQUA Klaten Komitmen Dukung Penuhi Hak Penyandang Disabilitas

Klaten – PT Tirta Investama (TIV)-Pabrik AQUA Klaten turut serta dalam mendukung pembentukan kecamatan inklusi yang ramah disabilitas. Sampai saat ini, AQUA Klaten sudah berperan di tiga kecamatan yakni Kecamatan Karanganom, Tulung dan yang terbaru di Polanharjo.

Pimpinan PT TIV-Pabrik AQUA Klaten, I Ketut Muwaranata mengatakan sampai sejauh ini pemenuhan hak dan pemberdayaan penyandang disabilitas dilakukan secara berkelanjutan. Dari sisi pemberdayaan dilakukan dalam bentuk pelatihan kemandirian hingga pencapaian prestasi sesuai potensi masing- masing.

“Pada prinsipnya program dari kami menyesuaikan dengan potensi dan kebutuhan. Karena masing- masing kan potensinya beda- beda, jadi kita dukung untuk pemberdayaan itu,” ujarnya, Kamis (14/04/2022) malam.

Beberapa program pemberdayaan disabilitas yang sudah dilakukan antara lain budidaya ikan, pembuatan pisau dapur, dan mendaur ulang sampah plastik menjadi barang bernilai ekonomi. Lewat program itu, penyandang disabilitas memiliki kemandirian dan kesetaraan lewat wirausaha.

Selanjutnya dari sisi pemenuhan hak, AQUA Klaten juga membuka peluang pekerjaan bagi penyandang disabilitas sesuai dengan kemampuan dan kompetensi. “Kita buka peluang untuk itu. Kalau memang ada difabel yang punya potensi untuk bisa bekerja di posisi yang kita bisa, kita terbuka untuk itu,” kata dia.

Sementara itu, Komisi Nasional Disabilitas, Kikin Purnawirawan mengungkapkan sampai sejauh ini masih ditemui adanya permasalahan yang dialami penyandang disabilitas. Salah satunya adalah adanya masyarakat umum yang masih belum paham dengan kewajibannya terhadap penyandang disabilitas.

“Teman- teman disabilitas itu mempunya hak yang sama. Tapi apabila teman- teman non disabilitas tidak mengetahui kewajibannya untuk memenuhi hak itu, ya tidak akan terlaksana. Jadi permasalahan saat ini justru masyarakat yang non difabel tidak paham kewajibannya,” urai dia.

Menurutnya, dukungan dari PT TIV terhadap penyandang disabilitas harus diapresiasi karena sudah memberikan kesempatan untuk berwirausaha. Dukungan itu merupakan salah satu wujud pemenuhan hak sehingga disabilitas bisa mandiri dan memiliki lapanga pekerjaan tersendiri.

Comments

Baca Juga

814589f8b3b946e7a5181bf916830774

Berselimut Haru dan Gembira Warnai Pelepasan 19 Siswa SDN 2 Tegalrejo

Klaten (salfamedia.com) — SD Negeri 2 Tegalrejo Kecamatan Bayat Klaten menggelar acara perpisahan siswa-siswi sebanyak ...