Home | salfaNews | Peringati Harlah Pancasila, Pemkab Klaten Gelar Upacara Bendera
IMG-20190601-WA0066

Peringati Harlah Pancasila, Pemkab Klaten Gelar Upacara Bendera

Klaten (salfamedia.com) — Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Klaten, Sabtu pagi, 1 Juni 2019 menggelar upacara bendera dalam rangka memperingati Hari Lahir (Harlah) Pancasila 1 Juni 2019 yang dipusatkan di Alun-alun Klaten.   Inspektur upacara Bupati Klaten pada upacara Hari Lahir Pancasila membacakan sambutan Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Republik Indonesia, Hariyono.

Bupati Klaten Sri Mulyani dalam sambutannya menegaskan, Hari Lahir Pancasila 1 Juni agar dapat dijadikan momentum seluruh anak Bangsa Indonesia untuk meneguhkan  keyakinan dalam sanubari bahwa Pancasila mampu menyatukan perbedaan yang ada sebagai satu bangsa dan hidup dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Dikatakan, kondisi geografis Bangsa Indonesia sebagai negara kepulauan memperkokoh konsep dan keyakinan akan tanah air Indonesia. Indonesia yang merupakan satu kesatuan gugusan pulau yang berada di antara dua samudra, Pasifik dan Hindia serta di antara dua benua, Asia dan Australia meneguhkan Bangsa Indonesia memiliki ruang hidup tanah air sebagai satu kesatuan. Ada relasi perbaduan antara darat dan laut yang saling menguatkan sebagaimana konsep wawasan nusantara.

“di wilayah nusantara tumbuh flora dan fauna yang beragam. Kemudian secara antropologis dan sosiologis keberagaman ras, etnis, agama, kebercayaan, dan seni budaya yang ada di Indonesia sudah ada sejak masa pra aksara hingga sekarang dan Indonesia hidup bahagia dalam keberagaman,”kata Sri Mulyani.

Ditegaskan, Pancasila sebagai dasar negara, ideologi negara dan pandangan hidup bangsa yang digali para pendiri bangsa, merupakan suatu anugerah yang tiada tara dari Tuhan Yang Maha Esa untuk Bangsa Indonesia. Meski Bangsa Indonesia belum secara sempurna merealisasikan nilai-nilai Pancasila, namun harus diakui bahwa eksistensi keindonesiaan baik sebagai bangsa maupun sebagai negara masih mampu bertahan sampai sekarang karena berkat Pancasila.

Untuk itu, Sri Mulyani mengajak kepada seluruh masyarakat Klaten agar Pancasila sebagai suatu keyakinan dan pendirian yang asasi harus terus diperjuangkan. Keberagaman kondisi geografis, flora fauna hingga antropologis dan sosiologis masyarakat hanya dapat dirajut dalam bingkai kebangsaan yang inklusif.

Ia berpesan agar proses internalisasi sekaligus pengamalan nilai-nilai Pancasila harus dilakukan dan diperjuangkan secara terus menerus. Pancasila harus tertanam dalam hati yang suci dan diamalkan dalam kehidupan sehari-hari serta Pancasila harus dijadikan bintang penuntun keberagaman nasional dalam wadah dan semboyan Bhineka Tunggal Ika.

Bertindak sebagai Perwira Upacara Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2019 Kepala Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Sigit Gatot Budiyanto SE MM dan Komandan Upacara AKP Edy Sukamto SH MH. Pengibar bendera Merah Putih oleh tiga siswa SMAN 2 Klaten masing-masing Asto Husodo, Satria Halmaherawan Supriyadi dan Rido Hadi N.

Kemudian petugas pembaca Pembukaan UUD Negara Republik Indonesia 1945 Dewi Isnaeni dari SMAN Karanganom dan pembaca doa H Rohmadi dari Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Klaten. Upacara Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2019 diikuti jajaran anggota TNI/Polri dan Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemkab Klaten.

Comments

Baca Juga

TMMD

Lokasi Betonisasi Jalan Sasaran Fisik TMMD Reg 105 Mulai Dipersiapkan

Klaten (salfamedia) – Komando Rayon Militer (Koramil) 01 Kota Klaten mulai mempersiapkan lokasi Betonisasi Jalan ...