Home | salfaLifestyle | Pentingnya Menjaga Kesehatan Telinga
rsch

Pentingnya Menjaga Kesehatan Telinga

Klaten, Salfamedia.com – Telinga menjadi salah satu indera yang memiliki peranan penting bagi kehidupan manusia, tanpakeberadaan indera tersebut maka secara otomatis mengakibatkan seseorang menjadi bisu. Dikarenakan tidak ada yang mereka tangkap atau dengar, seperti yang sudah kita ketahui. Telinga memiliki berbagai susunan yang mana memiliki fungsi yang berbeda-beda.

Seperti daun telinga yang memiliki fungsi mengarahkan suara ke lubang telinga yang akan diteruskan ke bagian dalam telinga yang akan dikirimkan ke otak, sehingga otak dapat menterjemahkan berbagai suara tersebut. Untuk itulah penting kiranya tips untuk menjaga telinga tetap sehat.

TIPS MENJAGA KESEHATAN TELINGA

  1. Bersihkan Bagian Luar Saja, Dalam keadaan normal, telinga memiliki kemampuan untuk membersihkan dirinya sendiri. Jika dirasa kotoran telah menumpuk dan menyebabkan pendengaran sedikit terganggu, sebaiknya jangan mengorek sendiri datanglah ke dokter THT untuk mendapatkan penanganan tepat.
  2. Jangan Dikorek, Kotoran yang menumpuk berpotensi menutup saluran dan mengganggu pendengaran. Jangan mengorek telinga dengan menggunakan cotton bud karena akan mendorong kotoran semakin masuk kedalam telinga dan melukai genderang telinga.
  3. Kotoran ( serumen pada telinga ), Serumen akan mengering secara otomatis dan akan dikeluarkan secara perlahan oleh telinga secara otomatis. Serumen yang mengering inilah yang sering dianggap sebagai kotoran telinga , namun telinga mampu mendorong kotoran itu sendiri keluar dari lubang telinga.
  4. Perawatan Rutin, Lakukan pemeriksaan rutin setidaknya satu tahun sekali. Selain menjaga kebersihan, hal ini juga bermanfaat untuk mengetahui kondisi kesehatan telinga anda.
  5. Kunyah Makanan Dengan Baik, Saat mulut bergerak, secara otomatis telinga akan mendorong kotorannya keluar. Selain itu, bisa menjadi solusi agar udara tak terkunci di telinga saat Anda menaiki pesawat. Itulah sebabnya Anda disarankan untuk mengunyah permen karet saat pesawat akan lepas landas atau mendarat.
  6. Bijak Menggunakan Earphon dan Headset, Pemakaian alat ini terlalu lama juga bisa menghambat teliga mengeluakan kotorannyaan bisa menyebabkan gangguan pendengaran.
  7. Pola Makan Yang Sehat, Konsumsi makanan yang sehat dan mengandung banyak vitamin dapat membantu memelihara fungsi pendengaran. Mengurangi konsumsi makanan berlemak juga dapat membentu menjaga kesehatan organ pendengaran Anda.

( Oleh: dr.SR.Indrasari, M.Kes, SP.THT – KL (K).FICS , Dokter Spesialis THT – KL)

Comments

Baca Juga

IMG_20190806_214111

Bumdes Gumregah Gununggajah,Taman Wisata Bukit Cinta dengan Segala Potensinya

Klaten (salfamedia) – Bukit Cinta Watu Prahu, wisata alam yang beralamat di Desa Gunung Gajah, ...