Home | salfaNews | Peduli Lingkungan, SMPN 2 Karangnongko Deklarasikan Anti Sampah Plastik
Kepala Sekolah SMPN 2 Karangnongko, Anik Ariastuti saat menunjukkan kantin sekolah yang sudah mengurangi penjualan menggunakan plastik
Kepala Sekolah SMPN 2 Karangnongko, Anik Ariastuti saat menunjukkan kantin sekolah yang sudah mengurangi penjualan menggunakan plastik

Peduli Lingkungan, SMPN 2 Karangnongko Deklarasikan Anti Sampah Plastik

Klaten – SMPN 2 Karangnongko memiliki cara tersendiri dalam menyemarakkan HUT ke-21, pada, Selasa (29/01). Seluruh pelajar beserta karyawan dan guru di SMP setempat mendeklarasikan diri sebagai sekolah anti sampah plastik.

Kepala Sekolah SMPN 2 Karangnongko, Anik Ariastuti mengatakan deklarasi anti sampah di lingkungan sekolah bagian dari gerakan peduli lingkungan. Selain itu, hal ini juga merupakan salah satu wujud pendidikan karakter terhadap seluruh pelajar.

“Deklarasi diikuti oleh semua guru dan siswa. Semua kita minta untuk tanda tangan diatas spanduk sebagai pertanda deklrasi,” ujarnya.

Lebih lanjut disampaikan, gerakan ini dilakukan berawal dari rasa keprihatinan atas maraknya sampah di lingkungan sekolah. Dulunya, banyak siswa-siswi yang masih kebingungan atau belum terbiasa dalam memilah sampah saat hendak membuang.

“Kita ingin minimalisasikan sampah plastik, karena dulu setiap pulang sekolah banyak sekali sampah berserakan di lingkungan sekolah. Masih ada anak-anak yang bingung untuk membuang sampah sesuia ketegorinya,” jelas dia.

Anti sampah di SMPN 2 Karangnongko tidak hanya sebatas ucapan, melainkan dilakukan dalam keseharian. Adapun gerakan nyata yang sudah berjalan yakni melakukan sosialiasi terhadap tiga kantin yang ada di SMP setempat.

“Kantin perlahan-lahan sudah tidak menjual minuman botol, mereka hanya menyediakan air galon. Nanti anak-anak kalau ingin beli minum ya bawa botol sendiri. Jadi sudah mengurangi sampah dari botol air mineral,” imbuh dia.

Dikatakan, total siswa-siswi di SMPN 2 Karangnongko mencapai 530 orang. Saat ini mereka sudah terbiasa membawa perlengkapan minum sendiri dari rumah. Sehingga, Anik berharap dengan adanya deklarasi ini pencemaran lingkungan bisa ditekan.

Sementara itu, Plt Kepala Dinas Pendidikan Klaten, Sri Nugroho yang turut hadir dalam perayaan HUT SMPN 2 Karangnongko mengapresiasi gerakan anti sampah plastik tersebut. Pihaknya berharap aksi ini dapat ditiru oleh sekolah lain mulai dari SD, SMP dan SMA/SMK.

“Jika sudah begini lingkungan jelas akan bersih, terhindar dari pencemaran. Selain anti sampah ini, pemerintah juga telah menggalakan kota bunga sejuta warna. Jadi mari kita bersama-sama jaga lingkungan,” pungkasnya. //Ayub

Comments

Baca Juga

IMG-20211127-WA0042

Brand LYF Official Tampil Memukau di Parade Jogja Fashion Week 2021

Magelang (salfamedia.com) — LYF Official menampilkan 24 busana dalam ajang fashion bergengsi nasional Jogja Fashion ...