Home | salfaNews | Pabrik Aqua Klaten Luncurkan Beras Orisa Sehat dari Polanharjo
IMG-20190425-WA0052

Pabrik Aqua Klaten Luncurkan Beras Orisa Sehat dari Polanharjo

Klaten (salfamedia.com) — Pabrik AQUA Klaten meluncurkan produk Beras Orisa Sehat di Laboratorium Lapang Petani Desa Polan, Kecamatan Polanharjo, Kabupaten Klaten. Kegiatan ini merupakan wujud komitmen perusahaan dalam mendorong penerapan kaidah-kaidah pertanian berkelanjutan sebagai upaya perlindungan kualitas sumber air sekaligus meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Caranya dengan mengembangkan beras sehat yang sudah bebas pestisida.

Pabrik AQUA Klaten berkolaborasi dengan Komunitas Petani Alami Klaten (KOMPAK) mendampingi kelompok-kelompok tani secara rutin.

Usaha Beras Sehat ini sudah dirintis sejak 2017 dengan pemasaran di Solo Raya dan beromzet rata-rata per bulan 1,5 ton. Dengan potensi lahan anggota seluas 95 Ha yang tersebar di 5 desa, maka perlu dijalin jejaring pemasaran yang berskala lebih luas. Oleh karena itu Konsorsium Orisa mengembangkan kerjasama dengan KMM (Karya Masyarakat Mandiri) untuk memperluas pemasaran beras sehat premium.

Kepala Pabrik AQUA Klaten, I Ketut Muwaranata menyampaikan bahwa perusahaan mendorong penerapan praktek pertanian berkelanjutan. “Kami mendampingi petani untuk mulai mengurangi penggunaan pestisida untuk menghasilkan beras sehat. Potensi produk tersebut juga harus didukung dengan jaringan pemasaran yang kuat, oleh karena itu Pabrik AQUA Klaten menggandeng AHS (AQUA Home Service) yang merupakan salah satu jalur distribusi produk AQUA galon dan juga jaringan pemasaran lain yang ada pada KMM”, jelas Ketut.

Pengiriman perdana Beras Sehat Orisa ini merupakan upaya untuk mengenalkan produk lebih luas kepada masyarakat. Selain dikonsumsi warga Klaten, saat ini Beras Sehat Orisa telah didistribusikan hingga DKI Jakarta, Tangerang, Bekasi, Bandung, Bogor, Cianjur, Cirebon serta Bali. Beras ini merupakan produk asli dari petani dampingan Danone-AQUA yang dikembangkan melalui basis pemberdayaan masyarakat.

Saat ini Danone-AQUA telah mengembangkan pemasaran Beras SehatOrisa dari kelompok tani dampingan dari lokasi Cianjur-Jawa Barat, Mambal-Bali, dan Wonosobo sertaKlaten yang ada di Jawa Tengah.

“Produksi Beras Sehat Orisa sampai saat ini tercatat total 18 ton sepanjang 2019 dan terus berkembang. “Produk ini ramah lingkungan karena dihasilkan dengan penerapan kaidah-kaidah pertanian berkelanjutan yang menjaga kualitas air dan tanah. Beras Sehat Orisa juga menjadi wujud dari komitmen perusahaan untuk mendorong gaya hidup sehat dengan mengkonsumsinya,”tutup Ketut.

Comments

Baca Juga

Danang

Penemuan Bunker Bekas PG Cokro Tidak Lepas dari Petunjuk Spiritual

Klaten (salfamedia) – Terowongan atau dikenal Bunker kuno yang disinyalir bekas Pabrik Gula peninggalan masa ...