Home | salfaNews | Nguri-uri Tradisi Leluhur, 14 Team Semarakkan Festival Gejog Lesung Desa Barepan
IMG20190714143337

Nguri-uri Tradisi Leluhur, 14 Team Semarakkan Festival Gejog Lesung Desa Barepan

Klaten (salfamedia.com) —- Sebanyak 14 peserta dalam ajang Festival Gejog Lesung di balai Desa Barepan, Kecamatan Cawas, Kabupaten Klaten, Minggu siang (14/7/2019). Festival tersebut digelar untuk melestarikan atau nguri-uri kesenian musik tradisional lesung (alat penumbuk padi) dan mencari bibit pemain musik lesung di Desa Barepan.

Kepala desa Barepan Irmawan Andriyanto mengatakan peserta yang tampil pada Festival Gejog Lesung ini berasal dari setiap Rukun Warga (RW) yang ada di Desa Barepan.

Ia menambahkan, dalam penampilannya setiap tim membawakan lagu wajib Mars Barepan dan beberapa lagu pilihan dengan durasi sekitar 10 menit. Sedangkan kriteria penilaian yakni irama,harmonis, kareografi dan costum, sedangkan bagi juara akan mendapatkan hadiah uang pembinaan.

“Saya mengharap agar warga tidak bosan terus berlatih agar kesenian ini tidak punah sehingga bisa lestari, syukur nanti ada penerusnya mengingat saat kemajuan zaman yang semakin pesat,”tuturnya.

Uniknya dalam festival kali ini ada penampilan kelompok anak kecil dari grup Gejlog Lesung Wisanggeni (Glowing) dari dukuh Barepan wetan. Mereka nampak antusias dalam berkompetisi ini nyaris berlatih setiap hari.

Salah satu anggota Glowing, Nofa (12) mengakui bangga bisa ikut dalam melestarikan budaya tradisional Jawa. Ia bersama 6 kawannya begitu semangat memainkan rangkaian nada mengiringi lagu pilihan gundul pacul dan lagu wajib mars Barepan Jaya yang dibawakan rekannya.

Hasilnya,riuh rendah tepuk tangan menyambut usai hormat penutup penampilan bocah-bocah berbakat itu.

Ia merasa senang meskipun, pertama kali tampil di depan orang banyak. tidak ada rasa canggung sedikitpun meski bersaing dengan kelompok lain yang personelnya seumuran dengan ibu maupun neneknya. Bahkan ia dan teman-temannya tampak menikmati pertunjukkan itu.

Berdasarkan penilaian dewan juri adapun hasilnya yaitu Group Glowing menyabet juara 1, adapun juara 2 Group Pandanwangi, sedangkan juara 3 Mekarsari 1. Untuk harapan 1 IPPS, harapan 2 diraih group Tanjung Jaya, harapan 3 diraih group Arum Sari.

Comments

Baca Juga

IMG-20190820-WA0053

Pergantian Komandan, Danrem 074/Warastratama Pimpin Sertijab Dandim 0723/Klaten

Klaten (salfamedia.com) — Letkol Kav Minarso secara resmi dilantik menjabat Komandan Distrik Militer (Kodim) 0723/Klaten, ...