Home | salfaNews | Musim Tanam II,Dinas Pertanian Pastikan Pasokan Pukuk Aman

Musim Tanam II,Dinas Pertanian Pastikan Pasokan Pukuk Aman

Salfamedia.com Klaten – Memsuki musim tanam (MT) II April-September , Dinas Pertanian Klaten memastikan ketersediaan pupuk dan pestisida aman. Koordinasi dan pengawalan akan ditingkatkan agar tidak terjadi penyelewengan terhadap pupuk bersubsidi sebagai barang dalam pengawasan.

Kabag Perencanaan Polres Klaten Komisaris Polisi Ruslan mengatakan penyalahgunaan terhadap barang bersubsidi seperti pupuk dapat di kenakan ancaman pidana. Hal tersebut didasarkan pada ketentuan UU No 7 Tahun 2014 tentang perdagangan.

“ Barang siapa yang melakukan perdagangan tanpa ijin, dapat dikenakan pidana, silahkan kalau ada indikasi penyelewengan para pengecer pupuk bersubsidi dapat lapor ke saluran wadul kapolres, nanti pasti segera ditindak lanjuti”,Katanya dalam Rapat Koordinasi Pupuk dan Pestisida di Pendopo Pemkab Klaten, Selasa (10/5).

Dijelaskan sampai dengan saat ini Polres Klaten baru menangani satu kasus yang berkaitan dengan permasalahan pupuk . Beberapa pesryaratan yang harus dipenuhi dalam penyelidikan kasus ini menurutnya jika dilengkapi dengan beberapa persyaratan seperti, adanya pelapor, korban maupun persyaratan lain yang sah.

“ Intinya untuk melindungi Pupuk Bersubsidi agar tidak terjadi penyelewengan, masyarakat jangan segan untuk melapor jika melihat adanya indikasi penyimpangan dari pihak pengecer “,ungkapnya.

Kepala Dinas Pertanian Klaten Wahyu Prasetyo menjelaskan Rapat kordinasi ini dilakukan untuk memastikan ketersediaan pasokan pupuk dan pestisida memasuki musim tanam II tahun ini. Setiap memasukiawal musim tanam koordinasi dilakukan untuk mengetahui bagaimana persiapannya mulai dari persiapan lahan, sarana dan prasarana lain seperti pupuk dan pestisida manakala kita sudah masuk di masa proteksi.

“ Pada dasarnya untuk pasokan pupuk dan pestisida saat ini dalam keadaan aman, kita akan kawal agar pendistribusiannya juga tidak jadi kendala ditingkat petani”,jelasnya.

Comments

Baca Juga

IMG-20211127-WA0042

Brand LYF Official Tampil Memukau di Parade Jogja Fashion Week 2021

Magelang (salfamedia.com) — LYF Official menampilkan 24 busana dalam ajang fashion bergengsi nasional Jogja Fashion ...