Home | salfaNews | Mudahkan Pelayanan, Kantor Pertanahan Klaten Canangkan Sistem “Desa Online”
IMG_1937

Mudahkan Pelayanan, Kantor Pertanahan Klaten Canangkan Sistem “Desa Online”

Salfamedia.com, Klaten – Untuk menunjang pelayanan yang mudah dan transparan, Kantor Pertanahan Kabupaten Klaten siapkan sistem aplikasi berbasis online di tiap Desa yang disebut sistem Desa Online.

Koordinator IT dalam program Desa Online, Kantor Pertanahan Klaten, M. Itsnaini mengatakan, dengan adanya sistem tersebut masyarakat dapat mengurus sendiri lewat Kantor Desa tanpa harus datang ke Kantor Pertanahan.

“nantinya masyarakat yang akan mengurus tanah hanya datang ke Kantor Desa, memasukan data yang dibantu oleh perangkat desa, kemudian melakukan pembayaran lewat ATM, setelah itu Armada Mobile Service Kantor Pertanahan akan menjemput sesuai dengan janji yang sudah dibuat, dan Petugas akan menvalidasi data elektroknik dan kebenaran berkas fisik,” ungkapnya dalam acara sosialisasi Sistem Desa Online di Kantor setempat, pada Kamis (28/4).

Lebih lanjut Itsnaini menjelaskan, Kantor Pertanahan saat ini sudah mensurvei seluruh Kecamatan yang ada di Klaten, hasilnya semua desa sudah merata dan terjangkau oleh koneksi internet. Maka dari itu sistem ini nantinya akan diterapkan di seluruh desa yang ada di Klaten.

“untuk saat ini, desa yang ditetapkan sebagai awal program desa online ini dilakukan di 4 Desa dengan asumsi sebagai desa yang cukup jauh dari Kantor Pertanahan, yaitu Desa Sidowarno (Kec. Wonosari), Desa Sidorejo (Kec. Kemalang), Desa Burikan (Kec. Cawas) dan Desa Majegan (Kec. Tulung).” Ungkapnya.

Terkait persiapan sistem ini, lanjut Itsnaini, semua disiapkan oleh masing- masing Desa, seperti komputer/laptop dilengkapi jaringan internet, printer, dan petugas Desa seperti Kepala Desa, perangkat desa atau masyarakat umum yang di tunjuk oleh Kepala Desa. “untuk kesiapan 4 desa tersebut kami sudah melakukan survei dan sosialisasi cara mengoprasikan sistem ini,” imbuhnya.

Beberapa prosedur yang bisa dilayani di Aplikasi Desa Online ini antara lain, Roya, Pengecekan Sertifikat, Surat Keterangan Pendaftaran Tanah, Perubahan hak atas tanah, peralihan hak waris, peralihan hak dengan akta PPAT, Pendaftaran tanah pertama kali dan pendaftaran pengukuran bidang tanah.

Comments

Baca Juga

IMG_20190822_140457

50 Anggota DPRD Klaten Dilantik, Ini Harapan Ganjar Pranowo

Klaten (salfamedia.com) — Masyarakat Klaten resmi memiliki wakil baru di gedung DPRD kabupaten Klaten. Sebanyak ...