Home | salfaNews | Melalui Tax Center, Perguruan Tinggi Edukasi Masyarakat Sadar Pajak
PhotoGrid_Plus_1637764099866

Melalui Tax Center, Perguruan Tinggi Edukasi Masyarakat Sadar Pajak

Klaten (salfamedia.com) —- Sebagai upaya meningkatkan kesadaran pajak sejak dini dan mengenalkan pajak kepada generasi muda, Kantor Wilayah (Kanwil) Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Jawa Tengah II melakukan penandatanganan nota kesepahaman (MoU) pembentukan Tax Center dengan Universitas Widya Dharma (Unwidha) Klaten.

Penandatangan MoU itu kemudian dilanjutkan dengan pemberian kuliah umum perpajakan dengan mahasiswa kampus setempat, Rabu (24/11/2021).

Rektor, Prof Triyono mengatakan, dengan adanya Tax Center merupakan pusat informasi, pendidikan, dan pelatihan perpajakan di perguruan tinggi yang berperan dalam mewujudkan masyarakat yang sadar pajak.

“Kami punya Program Studi Manajemen Pajak, yang mana ada banyak mata kuliahnya yang selalu bersinggungan dengan masalah ekonomi. Sebelumnya, Unwidha mempunya galeri investasi. Dan hari ini, diresmikan adanya Tax Center,” tandasnya.

Prof Triyono menandaskan, harus disadari bahwa pajak itu penting. Karena penerimaan negara (Indonesia) itu utamanya bersumber dari pajak. Setelah Tax Center di Unwidha Klaten ini beroperasi, maka mereka akan memberikan layanan informasi kepada masyarakat. Misalnya untuk UMKM (usaha mikro kecil menengah) masyarakat sekitar. Mereka bisa mengedukasi masyarakat yang belum tahu tentang pengisian SPT, dan sebagainya.

“Intinya, bagaimana kita sadar pajak. Karena sistem pemungutan pajak di Indonesia itu menghitung sendiri atau self asessment. Sehingga kita memang harus jujur. Mudah-mudahan dengan adanya Tax Center ini pendapatan pajak kita bisa naik,” harapnya.

Sementara Kepala Kanwil DJP Jawa Tengah II Slamet Sutantyo menyambut baik kerjasama dengan Unwidha klaten ini. Di 2021 telah menandatangani MoU tax Center yang ke 20 dengan Perguruan tinggi, diharapkan perguruan tinggi beserta civitas akademika-nya dapat ikut serta mewujudkan masyarakat yang peduli dan sadar akan perpajakan.

“Pendirian Tax Center ini dimaksudkan agar lembaga perguruan tinggi yang sudah melakukan kerjasama Tax Center dapat melakukan pengkajian atau penelitian, pelatihan, dan sosialisasi perpajakan di lingkungannya. Baik itu kepada lingkungan perguruan tingginya sendiri, maupun lingkungan masyarakat di sekitarnya,” katanya.

Comments

Baca Juga

IMG-20220118-WA0076

Razia 17 Hari di Klaten, Ratusan Kenalpot Brong Dimusnahkan

Klaten (salfamedia.com) —- Polres Klaten menindak 165 pemotor dalam operasi knalpot racing atau brong periode ...