Home | salfaEkbis | Luar Biasa, Pemasukan Wisata Air Umbul Ponggok Tembus Rp. 5,1 M
Umbul Ponggok saat ini masih menjadi tempat wisata air yang menjanjikan (foto : www.umbulponggok.com)
Umbul Ponggok saat ini masih menjadi tempat wisata air yang menjanjikan (foto : www.umbulponggok.com)

Luar Biasa, Pemasukan Wisata Air Umbul Ponggok Tembus Rp. 5,1 M

Salfamedia.com Klaten – Pemerintah Desa Ponggok mencatat pemasukan dari obyek wisata air yang ada didaerahnya mencapai Rp. 5,1 Miliyar pada 2015. Pemasukan ini jauh melibihi target yang dibebankan kepada Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Tirta Mandiri sebesar Rp. 3,8 Miliyar.

Kepala Desa Ponggok, Polanharjo, Junaidi Mulyono mengatakan, pemasukan sejumlah Rp. 5,1 Miliyar tersebut hanya untuk pendapatan dari obyek wisata umbul ponggok. Jika ditambah dengan pemasukan dari unit usaha lain yang dikelola BUMDes, pemasukan tahun lalu tercatat Rp. 6,4 Miliyar.

“ Pencapaian target ini dapat terwujud karena beberapa faktor yang dimulai dari tahap perencanaan, evaluasi, pengawasan kinerja BUMDES serta pengelola unit usaha, pelayanan kepada pengunjung , peningkatan SDM, fasilitas kepada pengunjung serta keberhasilan dalam hal pengelolaan administrasi dan pemasaran unit usaha”,katanya di sela sela forum Laporan Pertanggung jawaban BUMDes Tirta Harapan dibalai desa setempat kemarin (24/2).

Junaidi Mulyono menjelaskan, tahun ini pemerintah desa Ponggok akan menaikkan target pendapatan dari pengelolaan beberapa unit usaha sebesar Rp. 9,1 Miliyar. Dia optimis target tahun ini dapat tercapai karena adanya unit usaha baru yang akan dikembangkan oleh BUMDes.

“ Unit usaha yang sudah ada seperti pegelolaan wisata air, perikanan, simpan pinjam akan kita kembangkan, selain itu pada tahun ini kita juga akan mengembangkan unit usaha baru seperti mini market, pabrik air minum dan revitalisasi obyek wisata banyu mili”,jelasnya.

Sekretaris Desa Ponggok, Yani Setiyadi menambahkan, pemaskan umbul ponggok paling signifikan pada libur natal dan tahun baru 2016. Berdasarkan data dari pengelola obyek wisata ini jumlah pemasukan pada dua moment tersebut hampir mencapai 900 juta rupiah.

Comments

Baca Juga

IMG_22042022_181206_(900_x_600_piksel)

PT TIV-AQUA Klaten Komitmen Dukung Penuhi Hak Penyandang Disabilitas

PT TIV-AQUA Klaten Komitmen Dukung Penuhi Hak Penyandang Disabilitas Klaten – PT Tirta Investama (TIV)-Pabrik ...