Home | salfaNews | Leadership 3.0 antarkan Tukiyo Dosen Unwidha raih Gelar Doktor
tiy

Leadership 3.0 antarkan Tukiyo Dosen Unwidha raih Gelar Doktor

Klaten (salfamedia) – Berkat buku panduan kepemimpinan kepala sekolah yang diberi judul Panduan Kepemimpinan Kepala Sekolah Model Leadership 3.0  untuk Meningkatkan Motivasi dan Kinerja Guru Sekolah Dasar mengantarkan Tukiyo dosen Universitas Widya Dharma klaten ini meraih gelar doktor, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret baru-baru ini.

Panduan ini secara eksplisit menampilkan aspek-aspek emosional dalam leadership 3.0, yaitu aspek fisiologis, intelektual, emosional, sosial, kepribadian dan moral, keenam aspek tersebut dapat disingkat menjadi “FIESKEMO”

“Ada beberapa model kepemimpinan yang dapat diterapkan dalam suatu organisasi, diantaranya model visioner, model transaksional, model tranformasional dan model Ki Hajar Dewantoro. Semua model mempunyai kelebihan dan kekurangan. Untuk melengkapi model itu kami mencoba menawarkan model leadership 3.0 untuk meningkatkan motivasi dan kinerja guru,” jelas Tukiyo

Lebih lanjut Tukiyo menjelaskan leadership 3.0 merupakan seni kepemimpinan yang tidak mengandalkan gelar dan jabatan. Oleh karena itu dalam mengemplementasikan kepemimpinan tersebut kepala sekolah perlu melepaskan diri dari perasaan berkuasa di sekolah yang dipimpinnya. Kepala sekolah memimpin atau menggerakkan semua warga sekolah dengan hati.

Pengembangan panduan kepemimpinan kepala sekolah berbasis leadership 3.0 untuk meningkatkan motivasi dan kinerja guru sekolah dasar, layak digunakan untuk meningkatkan motivasi dan kinerja guru sekolah dasar. Model kepemimpinan ini mencakup enam aspek, yakni aspek fisik, intelektual, emosional, soial, kepribadian, dan aspek moral.

Tukiyo juga mengemukakan, terbitnya buku model leadership 3.0 setelah  melakukan rangkaian penelitian, belum ada buku khusus yang berisi panduan kepemimpinan kepala sekolah. Satu-satunya buku yang ada adalah, buku kerja kepala sekolah yang diterbtikan oleh kementrian Pendidikan nasional (2011). Sebagan besar sekolah tidak memiliki buku tersebut, dan hanya beberapa sekolah yg memiliki dengan cara megunduh sendiri di internet.

“Enam aspek esensial dalam leadership 3.0 yang disingkat FIESKEMO, tersebut perlu diimplementasikan oleh kepala sekolah secara menyeluruh untuk meningkatkan motivasi dan kenerja guru Sekolah Dasar,” pungkasnya

 

 

 

Comments

Baca Juga

IMG-20190820-WA0053

Pergantian Komandan, Danrem 074/Warastratama Pimpin Sertijab Dandim 0723/Klaten

Klaten (salfamedia.com) — Letkol Kav Minarso secara resmi dilantik menjabat Komandan Distrik Militer (Kodim) 0723/Klaten, ...