Home | salfaProfile | Kepala Disbubparpora Klaten Joko Wiyono: Giatkan Promosi Wisata
Disbubparpora Klaten
Disbubparpora Klaten

Kepala Disbubparpora Klaten Joko Wiyono: Giatkan Promosi Wisata

Tak bisa dipungkiri, Kabupaten Klaten mempunyai andil besar dalam membangun peradaban budaya. Ini terjadi lantaran Klaten yang terletak di antara ikon budaya, yaitu Surakarta dan Yogyakarta. Keberadaan ini memberi potensi besar bagi wisata di Klaten.

Kepala Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olah Raga Joko Wiyono menyadari betul posisi ini. Menurutnya, potensi wisata Klaten dapat dikelompokkan menjadi empat jenis, yakni wisata alam, wisata budaya, desa wisata dan wisata religi. ’’Wisata alam terlihat dari pesona gunung, maupun berbagai sumber air yang menyajikan keindahan alam yang diminati masyarakat,’’ ungkapnya

Untuk wisata budaya, jelas Joko, terlihat dari berbagai gelaran tradisi yang secara rutin digelar, seperti tradisi yaa qowiyyu yang digelar setiap bulan Sapar di Jatinom. Ada juga tradisi syawalan di Rowo Jombor maupun bentuk tradisi yang masih hidup dan dilakukan secara rutin oleh masyarakat.

’’Desa wisata juga merupakan salah satu jenis potensi wisata di Klaten. Begitu juga dengan wisata religi yang ada di wilayah Klaten. Keduanya eksis dalam menopang geliat pariwisata di Klaten,’’ lanjutnya

Potensi wisata yang ada tersebut didorong untuk dapat mengembangkan ekonomi rakyat. Dia mencontohkan kerajinan lurik maupun batik, secara terus menerus dilakukan pendampingan agar pengrajin dapat secara maksimal mengembangkan produknya.

’’Selain itu kita juga mendorong masyarakat sendiri harus mampu menjadi jaring informasi itu sendiri sebagai bagian untuk mempromosikan potensi wisata Klaten, sehingga secara simultan berefek maksimal seiring dengan upaya Pemkab Klaten untuk menghadirkan sebanyak-banyaknya wisatawan Ke Kabupaten Klaten,’’ kata dia sembari mengatakan Pemkab Klaten tetap komitmen dan konsisten mengusung keberpihakan dengan kebijakan yang menopang berkembangnya pariwisata.

Seperti yang saat ini sedang digiatkan oleh Bupati Klaten H.Sunarno, SE,M.Hum yaitu pembangunan taman kota, tempat-tempat bersejarah, tugu selamat datang bahkan masjid Agung Klaten yang merupakan salah satu masjid termegah di sepanjang jalur selatan. Berdirinya masjid ini diharapkan selain tempat ibadah juga bisa menjadi daya tarik wisata untuk singgah di kota Klaten.

Comments

Baca Juga

Iklan RSCH Klt copy

Tips Sehat Bersama Rumah Sakit Cakra Husada Klaten, Diet Diabetes Melitus

Indikasi : Diberikan kepada penderita Diabetis Melitus (kencing manis) Tujuan Diet: Mempertahankan kadara glukosa dara ...