Home | salfaNews | Karnaval Desa Nanggulan, Hiburan yang Mempersatukan
FB_IMG_1566311993338

Karnaval Desa Nanggulan, Hiburan yang Mempersatukan

Klaten (salfamedia.com) — Untuk memeriahkan Hari Ulang tahun ke 74  Kemerdekaan  RI, warga di Desa Nanggulan, Kecamatan Cawas, Klaten mengikuti karnaval Agustusan, Selasa siang (20/8/2019)  dengan start dan finish di balai desa setempat. Kegiatan itu memperkenalkan potensi daerah serta menunjukkan akan persatuan dan kesatuan warga desa Nanggulan.

Karnaval diikuti dari 10 Rukun Warga (RW) dengan arak-arakan yang ditampilkan oleh setiap peserta berbeda-beda dan memiliki keunikan tersendiri mulai dari marching band, keanekaragaman pakaian adat, kendaraan hias, pakaian pengantun, berbagai hasil bumi dan makanan khas masing-masing pun ikut dibawa.

Kepala desa Nanggulan, Suroto mengatakan karnaval perdana di desanya diikuti 10 RW rute yang diambil dalam pawai ini berjalan menyusuri ruas jalan kampung  sepanjang 5 kilometer mulai dari halaman balai desa. Karnaval tersebut guna memperkenalkan potensi daerah serta menunjukkan akan persatuan dan kesatuan warga desa Nanggulan.

“Selain membawa kemeriahan dan memperkenalkan kearifan masing-masing RW, karnaval 17-an seperti ini menunjukkan akan persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia. Semua kostum dan konsep para peserta karnaval tidak akan terwujud tanpa adanya kekompakan antar warga. Kendaraan yang dihias serta atribut karnaval tidak akan selesai tanpa ada gotong royong dari para anggota masyarakat,”tuturnya.

Suroto berharap karnaval ini meningkatkan kebersamaan masyarakat selain itu juga untuk menjaga budaya dan kearifan lokal.

Comments

Baca Juga

IMG-20190915-WA0133

Berkat Pengabdian Masyarakat 2 PTS, Pemdes Barepan miliki Website Barepan.desa.id

Klaten (salfamedia.com) — Tim Pengabdi Kepada Masyarakat  gabungan dari 2 Perguruan tinggi swasta (PTS) di ...