Home | salfaNews | Indira Salsabilla Ayu Wibowo, Duta Wisata Jawa Tengah 2016
INDIRA

Indira Salsabilla Ayu Wibowo, Duta Wisata Jawa Tengah 2016

Klaten – Peran  seorang duta wisata adalah hampir sama dengan peran seorang pemandu wisata dalam konteks daerahnya. Menguasai daerah tujuan dan memberikan peluang serta memaparkan banyak hal penting dalam tujuannya sebagai ikon wisata suatu daerah. Duta wisata memiliki peranan penting guna menopang kemajuan perkembangan pariwisata.  

Kegiatan menjadi seorang duta tidak secara langsung turun dalam pembangunan dan peningkatan kegiatan pariwisata, karena daya tarik wisata selalu kembali pada daya tarik wisata daerah, tentu saja alam yang mendukung, budaya, suasana tempat wisata, dan penerapan Sapta Pesona Wisata yang meliputi Bersih, Sehat, Indah, Nyaman, Tertib, Aman, Kenangan.

Namun  apapu alasannya untuk kemajuan perkembangan dunia pariwisata harus ada sosok yang membawa, diantaranya adalah Duta Wisata. Tugas yang diemban memiliki fungsi besar memperkenalkan khasanah budaya daerah kepada masyarakat awam lainnya. Hal tersebut dilakukan sebagai bagian dari promosi wisata.

Maka dengan terpilihnya Indira Salsabilla Ayu Wibowo sebagai Mbak Klaten tahun 2016 dan Duta Wisata Jawa Tengah tahun 2016, merupakan tugas berat untuk ikut andil memajukan Pariwisata di Klaten maupun di Jawa Tengah.

“ Memang saya sudah niat untuk menjadi seorang Duta Wisata. Menang ataupun kalah dalam pemilihan Mas dan Mbak Klaten 2016 maupun pemilihan Duta wisata Jawa Tengah 2016, saya tetap akan menjalankan tugas sebagai duta wisata yang baik.” tegas Indira.

Indira Salsabilla yang beralamat di Perumda Belang Wetan, Klaten Utara, Klaten tersebut selain seorang Duta Wisata juga menyandang segudang prestasi dan pengalaman, baik Akademik maupun non akademik. Maka sudah pas kalau masyarakat Klaten maupun Jawa Tengah memilih Indira sebagai Duta Wisata tahun 2016 dan mempercayakan kemajuan pariwisata kepadanya.

Selain itu Indra yang seorang mahasiswi S1 Fakultas Teknik Kimia Uiversitas Gajah Mada, sempat memukau penonton dan dewan juri saat pemilihan Mbak Klaten 2016   lantaran dapat menjelaskan potensi Klaten menggunakan bahasa Inggris dengan fasih dan lancar. Alhasil, dirinya dapat meraih nilai tertinggi, yaitu 976 poin.

Juga saat Indira mengikuti ajang pemilihan Mas dan Mbak Jawa Tengah 2016 yang digelar di Taman Budaya Suarakarta menjadi saksi, persaingan ketat terjadi sejak awal kompetisi. Dari 34 pasang Mas dan Mbak utusan masing-masing daerah dimakzulkan sebagai finalis hingga tersisa sepuluh pasang Mas dan Mbak. Kemudian, kompetisi berlanjut hingga gugur lagi menjadi 6 pasang. Setelah melalui seleksi yang panjang dan rumit, akhirnya panitia menetapkan, Duta Wisata Jateng 2016 diraih oleh Indira Salsabila Ayu Wibowo, wakil dari Klaten.

Kepala Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disbudparpora) Klaten, H. Joko Wiyono mengatakan, Setelah terpilih sebagai Mas dan Mbak Klaten 2016 juga Mas dan Mbak Jawa Tengah 2016, Indira mendapat tugas berat untuk mengembangkan pariwisata Klaten maupun Jawa Tengah.

“Mereka akan mendapat tugas berat, ikut memikirkan bagaimana mengembangkan pariwisata dan ikut terlibat dalam acara yang digelar Pemkab Klaten maupun Jawa Tengah,” kata Joko.

Sementara itu Gubenur Jawa Tengah Ganjar Pranowo yang diwakili oleh Presetyo Ariwibowo berharap Mas dan Mbak Duta Wisata Jawa Tengah dengan Disbudpar Provensi merupakan simbiosis mutualisme yang saling medukung. Dia berpesan kepada para finalis agar menjaga kepribadian bangsa, serta menyebarluaskan kekayaan adat, seni dan budaya di Jawa Tengah, sebagai bentuk tugas dari Duta Wisata Jawa Tengah

Comments

Baca Juga

FB_IMG_1542642949546

Sarasehan & Outbond Pemuda Klaten, Jaga Kerukunan Meski Beda Ormas

Klaten (salfamedia.com) – Ratusan pemuda yang merupakan perwakilan dari berbagai organisasi masyarakat di Klaten berkumpul ...