Home | salfaNews | Gempa Tektonik Guncang Klaten, Pasien RSCH Histeris
Direktur Administrasi dan Keuangan RSCH Made Sumiarta memperagakan APAR untuk memadamkan api.
Direktur Administrasi dan Keuangan RSCH Made Sumiarta memperagakan APAR untuk memadamkan api.

Gempa Tektonik Guncang Klaten, Pasien RSCH Histeris

Salfamedia.com Klaten – Gempa Tektonik berkekuatan 6,1 SR mengguncang Klaten, semua orang panik, berteriak, berlari, mencoba keluar menyelamatkan diri berlindung pada tempat-tempat yang kokoh seperti di pojok ruangan hingga bawah meja. Puluhan pasien Rumah Sakit Cakra Husada (RSCH) Klaten dievakuasi dan enam karyawan mengalami luka-luka. Hal tersebut terjadi dalam simulasi penanggulangan bencana yang dilakukan managemen RSCH kerjasama dengan Badan PenanggulanganBencana (BPBD) Klaten.

Direktur Administrasi dan Keuangan RSCH Made Sumiarta menjelaskan kegiatan dilakukan karena Klaten termasuk daerah rawan bencana, selain itu pembekalan ini juga bagian dari komitmen rumah sakit dalam upaya penyelamatan kepada para pasien dan pengunjung saat terjadi bencana.

“Simulasi yang dilakukan sesuai standart operation procedure (SOP) penanganan bencana, kita juga sudah melengkapi dengan fasilitas yang standar antara lain petunjuk jalur evakuasi serta peralatan apar”,ungkapnya, Kamis (11/2).

Kasi Pencegahan BPBD Klaten Nur Cahyono mengatakan kegiatan ini selaras dengan program BPBD Klaten Hospital Disaster Plan (penanganan kebencanaan di Rumah Sakit). Sayangnya program ini kurang mendapatkan perhatian dari pemerintah.

“Sebenarnya ini kegiatan penting dalam hal penanggulangan bencana, namun kegiatan seperti ini tidak dianggarkan di APBD, selama ini baru tiga rumah sakit di Klaten yang melakukan kegiatan simulasi semacam ini, itupun permintaan rumah sakit sendiri,” katanya.

Manager GA RSCH Muh Joko Susanto menjelaskan kegiatan ini diikuti seluruh karyawan yang dilaksanakan sejak Selasa (9/2). Awalnya peserta mendapatkan materi tentang K3 dan hari ini dilakukan simulasi penanganan bencana gempa yang menimbulkan titik api.

Comments

Baca Juga

IMG_20190822_140457

50 Anggota DPRD Klaten Dilantik, Ini Harapan Ganjar Pranowo

Klaten (salfamedia.com) — Masyarakat Klaten resmi memiliki wakil baru di gedung DPRD kabupaten Klaten. Sebanyak ...