Home | salfaNews | Festival Dolanan Anak di Lapangan Gesikan Gantiwarno
IMG-20190815-WA0079

Festival Dolanan Anak di Lapangan Gesikan Gantiwarno

Klaten (salfamedia) – Pemerintah Kabupaten Klaten yang didukung Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa (UST) Yogyakarta, Kamis siang (15/8/2019) menggelar festival dolanan anak di Lapangan Desa Gesikan, Kecamatan Gantiwarno. Festival dolanan anak digelar dalam rangka Kuliah Kerja Nyata (KKN) UST Periode I Tahun Akademik 2019/2020.

Acara tersebut dihadiri Bupati Klaten Hj Sri Mulyani, Rektor  UST Yogyakarta Drs H  Pardimin, MPd, PhD, Ketua Lembaga Penelitian Pengembangan dan Pengabdian Masyarakat (LP3M) UST, Dra Siti Rochmiyati, MPd, Camat Gantiwarno Hj Lilis Yuliati SH, MM serta unsur Muspika Kecamatan Gantiwarno. Kemudian juga dihadiri sejumlah Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemkab Klaten.

Dalam sambutannya, Bupati Klaten Hj Sri Mulyani mengapresiasi terselenggaranya festival dolanan anak yang melibatkan anak-anak Klaten tempat lokasi KKN mahasiswa UST Yogyakarta. Kemudian juga terimakasih kepada Rektor UST Yogyakarta dan jajarannya serta mahasiswa UST Yogyakarta yang telah berkreasi dan berinovasi menggelar festival dolanan anak, sehingga anak-anak tidak terjebak dengan gadget.

Dikatakan, dulu anak-anak sepulang sekolah membantu orang tuanya ke sawah atau menggembala ternak milik orang tuanya, namun sekarang anak-anak banyak yang bermain gadget. Maka dari itu melalui festival dolanan anak ini diharapkan anak-anak kembali kepada permainan tradisional yang dapat membentuk karakter anak seperti membangun rasa kebersamaan dan toleransi.

Bupati Hj Sri Mulyani juga mengucapkan terimakasih kepada mahasiswa KKN UST yang ikut memeriahkan Klaten Lurik Carnival (KLC) yang diadakan, Sabtu, 3 Agustus 2019  untuk memeriahkan hari jadi ke-215 Kabupaten Klaten. Kontingen KLC Kecamatan Juwiring yang didukung mahasiswa KKN UST Yogyakarta berhasil sebagai juara III KLC dan akan tampil di Prambanan untuk menyambut tamu dari India, Thailand dan China.

Untuk itu, kata Hj Sri Mulyani, kerjasama antara Pemkab Klaten dan UST Yogyakarta ke depan agar dapat terus berlanjut demi  membantu masyarakat Klaten yang lebih maju lagi. Bupati Klaten Hj Sri Mulyani juga mengundang mahasiswa KKN UST Yogyakarta untuk menjadi peserta upacara detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI ke-74 Tingkat Kabupaten Klaten yang  diadakan di Alun-alun Klaten, Sabtu, 17 Agustus 2019.

Rektor  UST Yogyakarta Drs H  Pardimin, MPd, PhD dalam sambutannya mengucapkan terimakasih kepada Bupati Klaten Hj Sri Mulyani yang telah berkenan memberikan kesempatan mahasiswa UST Yogyakarta mengadakan KKN di Kabupaten Klaten. UST Yogyakarta dalam membekali mahasiswa selain melaksanakan Tri Darma Perguruan Tinggi juga melaksanakan Catur Darma Perguruan Tinggi yakni pendidikan, penelitian, pengabdian masyarakat ditambah peduli kebudayaan.

Dikatakan, saat ini mahasiswa UST Yogyakarta sekitar 11 ribu lebih yang menempuh pendidikan di lima fakultas dan program pascasarjana. Festival dolanan anak diselenggarakan untuk memperkenalkan berbagai dolanan anak yang dulu berkembang agar dapat dicontoh dan diterapkan pada anak-anak sekarang.

Sementara itu Ketua  LP3M UST Yogyakarta, Dra Siti Rochmiyati, MPd dalam laporannya mengatakan, mahasiswa UST yang melakukan KKN di Klaten sebanyak 960 mahasiswa dibagi ke tiga kecamatan masing-masing Kecamatan Gantiwarno, Karangdowo dan Kecamatan Juwiring. Untuk festival dolanan anak juga didukung mahasiswa UST yang melakukan KKN di Kabupaten Bantul dan Kota Yogyakarta.

Dijelaskan, dolanan anak yang diperkenalkan dan dimainkan anak-anak pada festival dolanan anak antara lain bakiak, egrang, dakon dan sebagainya. Pada acara tersebut juga dikenalkan tembang tradisional yang mengiring dolanan anak seperti Suwe Ora Jamu, Cublak-Cublak Suweng.

Menandai festival dolanan anak dilakukan pemukulan kentongan oleh Bupati Klaten Hj Sri Mulyani yang diikuti Rektor  UST Yogyakarta Drs H  Pardimin, MPd, PhD dan jajaran pejabat yang hadir. Pada acara tersebut, Bupati Hj Sri Mulyani juga menyerahkan beasiswa kepada anak yatim piatu dan Bupati Klaten Hj Sri Mulyani beserta para pejabat juga berkesempatan main bakiak yang mendapat sorak sorai penonton serta tamu yang hadir.  (*)

 

Comments

Baca Juga

IMG-20190820-WA0053

Pergantian Komandan, Danrem 074/Warastratama Pimpin Sertijab Dandim 0723/Klaten

Klaten (salfamedia.com) — Letkol Kav Minarso secara resmi dilantik menjabat Komandan Distrik Militer (Kodim) 0723/Klaten, ...