Home | salfaNews | Dinkes Buat 5 Posko Kesehatan dan 80 Ambulans Gratis di Jalur Mudik Klaten
IMG-20190524-WA0033

Dinkes Buat 5 Posko Kesehatan dan 80 Ambulans Gratis di Jalur Mudik Klaten

Klaten (salfamedia.com) — Dalam rangka menyambut arus mudik dan balik lebaran Idul Fitri 1440 Hijriyah / 2019 Masehi, Pemkab Klaten melalui Dinas Kesehatan mendirikan 5 pos kesehatan dan menyiagakan 80 ambulan gratis untuk warga yang membutuhkan.

Untuk kelancaran ambulan, Pemkab Klaten, Jumat, 24 Mei 2019 mengapelkan 80 ambulan di Halaman Pendopo Pemkab Klaten untuk dicek semua peralatannya.

Bupati Klaten Sri Mulyani dalam sambutan yang disampaikan Asisten I Sekda Klaten Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, dr Rony Roekmito mengatakan, pengecekan peralatan ambulan ini sangat penting karena akan menunjang pelayanan pos kesehatan.

“Bagian yang dilakukan pengecekan antara lain perlengkapan mobil ambulan seperti mesin, rem, lampu, lampu rotary, sirine dan perlengkapan medis termasuk alat pemadam kebakaran,”kata Ronny.

Kemudian untuk tim medis, kata dr Rony, yang harus diwaspadai adalah penularan penyakit malaria yang kemungkinan terbawa pemudik sehingga harus diwaspadai. Karena ada beberapa daerah endemis penyakit malaria seperti Purworejo, Sumatera, Kalimantan dan dari daerah lain sehingga penularan penyakit malaria yang diduga bisa dibawa pemudik harus diwaspadai.

Sedangkan Kepala Dinas Kesehatan dr Cahyono Widodo dalam laporannya mengatakan, lima pos kesehatan yang didirikan Pemkab Klaten masing-masing pos 1 di Candi Prambanan, Pos 2 di Terminal Ir Soekarno Klaten, Pos 3 di Terminal Penggung, Pos 4 di eks Terminal Delanggu dan Pos 5 di Masjid Al Aqsha Klaten bergabung bersama Pos Kesehatan PMI Klaten. Pos kesehatan dibuka mulai 29 Mei atau H-7 sampai 13 Juni 2019 atau H+7 Idul Fitri.

Dikatakan, pos kesehatan melibatkan 34 Puskesmas, 34 klinik dan 11 rumah sakit yang ada di Klaten. Kemudian tim medis yang akan mendukung pos kesehatan terdiri dari 90 dokter, 192 perawat dan bidan dan 80 driver. Demi kelancaran pos kesehatan terbagi dalam 192 shift jaga dengan rincian satu hari terbagi 3 kali shift jaga sehingga petugas  juga dapat merayakan lebaran bersama keluarga.

Untuk mempercepat pengecekan mobil ambulan dibagi tiga kelompok masing-masing kelompok pertama dipimpin Asisten I dr Rony Roekmito MKes yang memeriksa mobil ambulan Puskesmas. Kelompok kedua dipimpin Sekda Klaten Jaka Sawaldi dan Kepala Dinas Kesehatan dr Cahyono Widodo  yang memeriksa mobil ambulan milik rumah sakit dan kelompok ketiga dipimpin Asisten II Sekda Klaten Purwanto AC yang memeriksa mobil ambulan dari klinik kesehatan se Klaten.

Comments

Baca Juga

TMMD

Lokasi Betonisasi Jalan Sasaran Fisik TMMD Reg 105 Mulai Dipersiapkan

Klaten (salfamedia) – Komando Rayon Militer (Koramil) 01 Kota Klaten mulai mempersiapkan lokasi Betonisasi Jalan ...