Home | salfaNews | Digelontor Dana Hibah 2 Milyar, Dewan Kesenian Klaten Komitmen Kembangkan Tri karsa Budaya
IMG-20190614-WA0045

Digelontor Dana Hibah 2 Milyar, Dewan Kesenian Klaten Komitmen Kembangkan Tri karsa Budaya

Klaten (salfamedia.com) — Dewan Kesenian Kabupaten Klaten berkomitmen melaksanakan tri karsa budaya meliputi meluhurkan, mengembangkan dan melestarikan seni budaya di Kabupaten Klaten. Dewan Kesenian Klaten juga bersemboyan Nguripke (menghidupkan), Ngurupke (menyalakan) dan Ngirabke (menampilkan) seni budaya.

Demikian dikatakan Ketua Harian Dewan Kesenian Kabupaten Klaten, FX Setyawan DS  pada acara halal bihalal keluarga Dewan Kesenian Kabupaten Klaten yang diadakan di Gedung Sunan Pandanaran RSPD Klaten, Rabu malam, 12 Juni 2019. halal bihalal keluarga Dewan Kesenian Kabupaten Klaten dimeriahkan Tari Gambyong dan stand up comedy serta geguritan yang menyindir pelaku bom bunuh diri di Kartasura pada malam Idul Fitri.

Halal bihalal keluarga Dewan Kesenian Kabupaten Klaten dihadiri seluruh pengurus Dewan Kesenian Klaten, pengurus Dewan Kesenian Kecamatan se Kabupaten Klaten dan dihadiri Bupati Klaten yang diwakili Kepala Dinas Pariwisata Kebudayaan Pemuda dan Olahraga (Disparbudpora) Klaten, Pantoro. Ikrar halal bihalal dipandu Suwito Mitro Tanoyo dan tausiyah oleh Wakil Ketua Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PW NU) Provinsi Jawa Tengah, Syamsudin Asrofi.

Lebih lanjut Setyawan menyatakan, Pemkab Klaten di bawah pimpinan Bupati Klaten Hj Sri Mulyani memberikan perhatian yang tinggi terhadap seni budaya di Klaten. Buktinya, Pemkab Klaten berkomitmen melaksanakan Peraturan Daerah (Perda) Klaten No 2 Tahun 2014 tentang pelestarian kebudayaan dan bahasa Jawa dan Undang-Undang No 5 Tahun 2017 tentang pemajuan kebudayaan, bahkan pada Juni 2019 ini Bupati Klaten mengajukan Raperda tentang pembinaan dan pelestarian kesenian.

Implementasinya, kata Setyawan, pada tahun 2019 ini Dewan Kesenian Klaten mendapat hibah dana Rp 2 miliar dari Pemkab Klaten untuk mendanai sebanyak 62 kegiatan dan sampai awal Juni 2019 sudah terlaksana 14 kegiatan. Kemudian pada tahun 2018 lalu, Dewan Kesenian Klaten mendapat hibah Rp 1,3 miliar untuk mendanai sebanyak 44 kegiatan.

Setyawan mengatakan, Wankes Klaten mengelola enam cabang seni dengan 14 komite. Untuk enam cabang seni yang ditangani Wankes Klaten masing-masing seni rupa, seni sastra, seni tari, seni musik, seni teater dan seni media rekam.
Perincianya lanjut, Setiawan, cabang seni rupa terdiri dua komite yakni komite seni rupa 2 dimensi (2D) atau seni lukis dan 3D atau patung dan bentuk kerajinan. Cabang seni sastra juga dua komite yakni sastra Indonesia dan sastra Jawa, cabang tari ada dua komite yaitu komite tari klasik dan komite tari kreasi. Cabang seni musik ada dua komite seni musik pentatonis dan komite seni musik diatonis.

Kemudian cabang seni teater ada empat komite masing-masing komite pedalangan, komite ketoprak, komite srandul dan komite sronthol. Lalu cabang seni media rekam ada dua komite yakni komite media visual dan komite audio visual. Wankes Klaten juga didukung komite sekretariat dan komite humas.

Comments

Baca Juga

IMG-20190915-WA0133

Berkat Pengabdian Masyarakat 2 PTS, Pemdes Barepan miliki Website Barepan.desa.id

Klaten (salfamedia.com) — Tim Pengabdi Kepada Masyarakat  gabungan dari 2 Perguruan tinggi swasta (PTS) di ...