Home | salfaNews | Desa Kedungampel Jadi Tempat Studi Banding Pengelolaan Sampah Berbasis 3R dari Karawang
IMG20190320100227

Desa Kedungampel Jadi Tempat Studi Banding Pengelolaan Sampah Berbasis 3R dari Karawang

Klaten (salfamedia.com) — Pengelolaan sampah di Kedungampel menjadi bahan rujukan untuk studi banding dari daerah lain. Puluhan warga dari kelurahan Mekarjati, Kecamatan Karawang Barat, Jawa Barat Rabu (20/3/2019) berduyun-duyun datang di balai desa setempat.

Dalam kesempatan itu, Camat Karawang Barat, Listyaningrum menuturkan, tujuan kedatangan untuk memaksimalkan pengelolaan sampah di tempatnya.

“Karena belum maksimalnya pengelolaan sampah di wilayah kami, kami ingin mencermati dan mempelajari pengelolaan sampah di desa Kedungampel,” katanya.

Menurut kepala desa Kedungampel, Tumirin, pengelolaan sampah di desanya menggunakan konsep 3R, lantas dibentuknya tempat pengolahan sampah (TPS). Kepanjangan dari TPS 3R adalah tempat pengolahan sampah Reduce, Reuse, Recycle. Pendekatan pengolahan 3R mulai dari menjemput sampah dari tiap rumah, pemilahan sampah, pengolahan sampah organik yang akan dijadikan kompos.

IMG20190320120553

Ditambahkan Tumirin, TPS 3R ini berbentuk tempat pengolahan sampah. Tiap rumah diberikan tempat sampah . Lalu ada armada yang akan menjemput sampah ke rumah masyarakat. Pemdes  juga menganjurkan masyarakat untuk menjaga kebersihan dan berani pula melaporkan jika ada yng melanggar. Saling menjaga dan saling memelihara kebersihan sangat diharapkan.

“Saya mengajak kepada masyarakat tidak takut pada sampah. Sampah bisa menjadi tambahan ekonomi bagi masyarakat. Solusinya lewat bank sampah. Kita bantu dengan mesin pengolah sampah. Sampah bisa dijadikan pupuk kompos, barang daur ulang dan barang lain yang mempunyai nilai ekonomi,”ucapnya.

Ia mencontohkan bagaimana langkah pengurangan sampah semisal saat berbelanja di toko membawa kantong plastik sendiri atau bisa juga dengan keranjang belanja. Tujuannya mengurangi beban sampah plastik. Sekaligus menjaga lingkungan pun sudah membentuk kader lingkungan tingkat RT dan RW.

Pada pertemuan kali ini para warga dari Karawang Barat diajak menengok tempat pengolahan sampah yang berada di kampung Kandri deso yang berukuran 12*24 m dengan tenaga pengolah sebanyak 5 orang.

Comments

Baca Juga

IMG20190714143337

Nguri-uri Tradisi Leluhur, 14 Team Semarakkan Festival Gejog Lesung Desa Barepan

Klaten (salfamedia.com) —- Sebanyak 14 peserta dalam ajang Festival Gejog Lesung di balai Desa Barepan, ...