Home | salfaTravel | Launching Perluasan Program Pemberdayaan Disabilitas, AQUA Klaten bersama ICKK Gelar DOLANAN MILLENIAL
IMG_20200301_193404

Launching Perluasan Program Pemberdayaan Disabilitas, AQUA Klaten bersama ICKK Gelar DOLANAN MILLENIAL

Klaten (salfamedia) – Inklusi Center Karanganom (ICKK) Bhati Negeri yang berlokasi di Wilayah Kecamatan Karanganom adalah lembaga yang focus menangani persolan dan permasalahan disabilitas dengan strategi rehabilitasi bersumber daya masyarakat  atau sering di sebut community base dengan matrik WHO , multi sektoral, 5 pokok persolan yang di layanansektor Kesehatan, Sektor Pendidikan, Sektor Pemberdayaan Sektor Ekonomi (matapencaharian)  dan sektor Sosial.

Rintisan ini yang mulai digagas dari tahun 2015 dan mulai kegiatan tahun 2016 tepat bulan 21 april memberikan banyak manfaat yang luar biasa khususnya bagi disabilitas dan keluarga merasakan mendapatkan wadah (forum) untuk saling ketemu dan berkomunikasi saling motivasi.

Layanan yang kami berikan sektor kesehastan & pendidikan adalah memberikan terapi bagi yang membutuhkan dan sarana belajar dan bermain meningkatkan dan membuat rasa percaya diri, mendapatkan perlindungan sosial (jaminan kesehatan ) program pemerintah

Selain itu di sektor pemberdayaan meningkatkan kapasitas keluarga difabel tentang terapi yang sederhana yang mudah dilakukan oleh keluarga  nya di rumah, karena waktu yg lebih longgar dan tak terbatas kalau dirumah. Sektor Ekonomi mengelola sampah rumah tangga darii bahan bungkus plastik snack yang dipotong potong kecil setelah terkumpul di beli oleh ICKK tujuannya untuk peningkatan pendapatan keluarga

Sektor Sosial memfasilitasi dan memperjuangkan disabilitas pengakuan sebagai warga negara Indonesia (WNI) indikator terdaftar dalan Kartu Keluarga atau NIK, KTP, atau AKTE, Selain itu layanan aksesbilitas fisik dan non fisik,  Seni budaya abk diajarkan seni tari, Bidang olahraga  banyak nampak dan bermunculan difabel dengan prestasi nya karena ada pembinaan.

Mulai tahun 2018 dan 2019 komitmen dari PT. Tirta Investama yang peduli sehingga memberikan pendampingan berupa  sumberdaya untuk kegiatan opersional dan pemberian makanan tambahan (PMT),  dukungan tenaga terapisdan pengadaan alat terapi, di tahun 2020 ini PT Tirta Investama memberikan kepercayaan untuk mengelola program selama 10 bulan ke depan dengan kegiatan operational rutin tiap hari sabtu ada  pelatihan budidaya lele bio flok dan pembuatan pelet, pendampingan usaha jahit dan pengadaan alat bantu bagi disabilitas.

Sering dengan program pemberdayaan disabilitas agenda gelar budaya Jawa Bali yang didukung oleh Komunitas  Pasraman Padma Bhuana Saraswati Bali yang akan berkolaburasi dengan anak – anak  ICKK dolanan anak milennial dan tarian khas Bali dan jawa dengan tujuan menumbuhkan rasa percaya diri dan memiliki kelebihan yang tidak kalah dengan anak pada umumnya, bisa berkreasi dan berkarya memberikan hiburan yang dapat dinikmati oleh semua orang.

Pasraman Padma Bhuana Saraswati Yogyakarta, bekerjasama dengan Pemerintah Kab. Klaten, ICKK, ICA dan PT Tirta Investama Klaten menyelenggarakan Bhakti Sosial dan Gelar Budaya ” Dolanan Milenial, dalam rangka Launching Perluasan Program Pemberdayaan Disabilitas PT TIV Klaten di Dusun Karanganom, Klaten (Minggu 1 Maret 2020). Aksi bhakti social untuk kaum difabel ini sebagai bentuk nyata komitmen pasraman padma bhuana terhadap misi social dan keagamaan untuk mewujudkan generasi cerdas, berbudaya. Dengan aksi bakti social ini kita ingin terus menumbuhkan kepedulian social pada anak-anak  pasraman dan orang tua sekaligus mempertebal rasa toleransi,  dan menghargai perbedaan itu indah

Acara dimulai dengan dongeng dari tim relawan  AQUA  Klaten sebagai bentuk kampanye dan penyadartahuan tentang  “BIJAK BERPLASTIK dan ISI PIRINGKU”  sebagai upaya mengembangkan kesadaran anak-anak dan keluarga terkait kepedulian lingkungan dan gizi seimbang. Penampilan Tari Pendet dari siswa siswi Pasraman  Padma Bhuana Sarawati, dilanjutkan dengan laporan panitia ICKK oleh Sri Mulyo. Sambutan dilanjutkan dengan serangkaian sambutan dari I Ketut Muwaranata mewakili PT TIV Klaten dan Pasraman Padma Bhuana Saraswati dan Bupati Klaten  Hj Sri Mulyani.

Pada kesempatan tersebut juga diluncurkan serangkaian program perluasan pemberdayaan ke Kecamatan Tulung dan pemberian bingkisan dan bantuan dari Pasraman Padma Bhuama kepada perwakilan anak2 disabilitas ICKK Karanganom

Acara pementasan Dolanan Milenial menjadi puncak rangkaian kegiatan, bertemakan  pentingnya pelestarian budaya permainan tradisional ditengah gempuran arus modernisasi. Koreografi garapan Jero Kadek Rai Astini dengan Dr. I Nyoman Cau Arsana,  I Ketut Ardana dan Retno Intarti.

Kolaborasi anak anak Pasraman dan ICKK dalam bentuk menyanyi lagu Cublak Cublak Suweng diiringi gamelan bali menjadi ending yg mengharukan diakhir pementasan. Selanjutnya acara diakhiri dengan makan bersama makanan yg disajikan oleh chef2 terkemuka DIY yang tergabung dlm Asosiasi Chef Indonesia-ICA dibawah koordinasi bapak Made Witara.

 

 

Comments

Baca Juga

borobudur

CEGAH PENYEBARAN COVID-19, PT TWC LANJUTKAN PENUTUPAN SEMENTARA PELAYANAN DI KAWASAN TAMAN WISATA CANDI

Yogyakarta (salfamedia) – PT Taman Wisata Candi  (TWC) Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko (Persero) memperpanjang ...