Home | salfaNews | Cuaca Ekstrim Pemdes Sawit Adakan Pemeriksaan Kesehatan Gratis
Warga Sawit sedang berkonsultasi dengan Dokter RS Cakra Husada Klaten
Warga Sawit sedang berkonsultasi dengan Dokter RS Cakra Husada Klaten

Cuaca Ekstrim Pemdes Sawit Adakan Pemeriksaan Kesehatan Gratis

Salfamedia.com, KLATEN – Beberapa bulan terakhir ini, Kabupaten Klaten tengah dilanda cuaca ekstrim dimana curah hujan di wilayah ini cukup tinggi yang mengakibatkan udara menjadi lembab. Tingginya tingkat kelembaban udara ini seringnya juga membawa wabah penyakit.

Hal ini yang menjadi kekhawatiran Pemerintah Desa (Pemdes) Sawit, Kecamatan Gantiwarno Klaten, karena beberapa bulan terakhir ini banyak dari warga desa yang menderita berbagai penyakit dikarenakan kondisi udara yang lembab tersebut.

Atas dasar itu, Pemdes Sawit bekerjasama dengan Rumah Sakit Cakra Husada Klaten mengadakan bakti sosial (baksos) pemeriksaan kesehatan serta pengobatan gratis bagi warga desa setempat.

Kepala Desa Sawit, Maryadi mengaku banyak dari warganya yang akhir-akhir ini sering mengeluhkan beragam penyakit akibat suhu udara yang terbilang cukup ekstrim ini. Ditambah lagi tingkat kelembaban udara di wiliyah ini terbilang cukup tinggi, karena lokasi Desa Sawit yang berada dekat dengan perbukitan barisan dan dulunya area ini sebagian besar adalah rawa-rawa.

“Lembabnya udara di wilayah Sawit ini juga berdampak pada kondisi air di sumur-sumur warga. Ratusan sumur gali yang dipakai warga ternyata setelah dicek kondisi airnya di laborat ditemukan mengandung beragam bakteri terutama bakteri e-coli. Selain itu juga banyak mengandung zat besi (fe),” ungkapnya di sela kegiatan baksos di Balai Desa setempat, Selasa (1/3).

Kades berharap dengan kegiatan ini warga desa lebih mengerti akan pentingnya sebuah kesehatan dan lebih tahu bagaimana mengantisipasi mewabahnya penyakit di lingkungan mereka.

Sementara itu Koordinator Baksos RSCH Klaten Sukarno menerangkan  pemeriksaan kesehatan kali ini pihak rumah sakit menerjunkan puluhan personel medis juga dokter ahli .

“Kegiatan ini diikuti ratusan warga dari kurang lebih lima dukuh di Desa Sawit, Kecamatan Gantiwano,” pungkasnya singkat.

Comments

Baca Juga

IMG-20211021-WA0013

Gus Nabil DPR RI Apresiasi Gotong Royong Berbagai Pihak dalam Penanganan Covid-19

KLATEN (salfamedia.com) —– Anggota DPR RI Komisi IX Muchamad Nabil Haroen mengapresiasi berbagai pihak yang ...