Home | salfaNews | Bersih Desa, Warga Soran Gelar Pentas Wayang Kulit
IMG-20190814-WA0071

Bersih Desa, Warga Soran Gelar Pentas Wayang Kulit

Klaten (salfamedia.com) — Warga soran, Desa Duwet, Ngawen, Klaten, Selasa malam, (13/8/2019) menyelenggarakan pagelaran wayang kulit semalam suntuk dengan lakon Baratayuda dengan dalang ki Kusni Kesdik Kasdalamono. Pagelaran wayang kulit diselenggarakan dalam rangka bersih desa sebagai ucapan syukur atas rahmat dan rejeki yang diterima oleh warga setempat.

Pagelaran wayang kulit diawali dengan penyerahan tokoh wayang kulit oleh Kepala Desa (Kades) Duwet Suyono  kepada dalang Ki Kusni Kesdik Kasdolamono. Pementasan wayang kulit sendiri sudah menjadi agenda rutin yang selalu diselenggarakan oleh dukuh setempat.

Suyono mengatakan, selain sebagai rangkaian bersih desa, pagelaran wayang ini diselenggarakan juga sebagai wujud syukur kepada tuhan atas berkah yang selama ini diterima oleh warga.  Diharapkan dengan pagelaran wayang kulit ini bisa sebagai media hiburan warga sekaligus keikutsertaan warga setempat untuk terus melestarikan budaya yang ada salah satunya wayang kulit.

“kegiatan bersih desa dengan penyelenggaraan wayang kulit ini sudah menjadi agenda rutin tiap tahunnya, bersamaan dengan rangkaian kegiatan hari raya Idul Adha 1440 H. pagelaran wayang ini sebagai wujud syukur kepada tuhan atas berkah yang selama ini diterima oleh warga” kata Suyono.

Suyono menambahkan jika selain wayang kulit, beberapa tradisi yang ada desa setempat akan tetap dilestarikan. dengan penyelenggaraan tradisi ini bisa menjadi ajang silahturahmi antar warga ,memupuk kegotong royongan dan menjalin persatuan diantara warga.(h-d)

Comments

Baca Juga

IMG-20190820-WA0053

Pergantian Komandan, Danrem 074/Warastratama Pimpin Sertijab Dandim 0723/Klaten

Klaten (salfamedia.com) — Letkol Kav Minarso secara resmi dilantik menjabat Komandan Distrik Militer (Kodim) 0723/Klaten, ...