Home | salfaNews | Belajar Hulu-hilir DAS Pusur di Jelajah Alam AQUA 2019
IMG-20190911-WA0007

Belajar Hulu-hilir DAS Pusur di Jelajah Alam AQUA 2019

Klaten (salfamedia) – September 2019, PT Tirta Investama-Pabrik Klaten (Pabrik AQUA Klaten) menjamu kunjunganpegiat media sosial dalam Jelajah Alam AQUA 2019. Selama dua hari, 10 dan 11 September 2019,rombongan akan mengunjungi daerah hulu DAS (Daerah Aliran Sungai) Pusur di lereng Merapi, tepatnya di Gumuk Kecamatan Tamansari hingga di hilir di Kecamatan Polanharjo.

IMG-20190911-WA0011Kegiatan ini adalah rangkaian dari World Water Week 2019 bertema Water for Society-Including all yang wujudnya adalah #BijakGunakanAir untuk kelangsungan hidup dengan menjaga kualitas dan kuantitasnya baik masa sekarang dan masa mendatang. Tiga Social Media Influencer juga turut bergabung yaitu Caesa Ramadhanis (@caesadhanisa), Kenny Santana (@kartuposinsta) dan Renaldi Ahmad (@skinnymonkey). Kegiatan ini dilepas oleh Communication Director Danone Indonesia, Arif Mujahidin dari Pabrik AQUA Klaten.

Danone-AQUA berpartisipasi dalam World Water Day ini dengan mendorong peserta memposting foto dan story untuk menginspirasi yang lain dalam #BijakGunakanAir. Dari 800 pendaftar, 10 pemenang terpilih memiliki kesempatan untuk mengikuti 2 hari Jelajah Alam AQUA 2019. Dalam Jelajah ini, peserta diajak belajar mengenali DAS Pusur, memahami bagaimana program konservasi dirancang sampai pemberdayaan masyarakat dikembangkan untuk mendorong pelestarian air. “Pelestarian air adalah tanggung jawab Bersama. Perkembangan Teknologi mendorong inisiatif pelestarian air juga menjangkau dunia digital. Pegiat media sosial terpilih ini yang akan melakukan aksi nyata dan menginspirasi pentingnya menjaga kualitas dan kuantitas air”, Jelas Arif Mujahidin.

IMG-20190911-WA0008Pabrik AQUA Klaten adalah salah satu pabrik yang memiliki inisiatif keberlanjutan yang komprehensif melalui payung Program Pusur Lestari. Pendekatan Water Management yang dilakukan mulai dari Hulu di lereng Merapi, hingga hilir di Kecamatan Polanharjo. Direktur Pabrik AQUA Klaten, I Ketut Muwaranata menyampaikan bahwa perusahaan memiliki komitmen ganda, bahwa kesuksesan bisnis atau ekonomi haruslah sejalan dengan kesuksesan sosial.

“Untuk memastikan menjaga kualitas dan kuantitas air, Kami mengembangkan program Pusur Lestari, program ini terbagi dalam program konservasi, pemberdayaan masyarakat dan penguatan kelembagaan di masyarakat” Kata Ketut.

Sebanyak 119.500 pohon telah tertanam diselingi rekayasa teknis seperti pembuatan sumur resapan, 230 rorak dan lubang 1650 biopori. Upaya-upaya tersebut untuk meresapkan kembali sebanyak mungkin air ke tanah.

Masyarakat Hulu di Mundu juga didorong untuk mengembangkan mata pencaharian dengan usaha budidaya krisan dan pengelolaan produk susu. Pengelolaan limbah kotoran ternak menjadi Biogas adalah salah satu wujud nyata menjaga kualitas air dan tanah. Tercatat hingga saat ini 657 ton limbah telah terkelola dari 40 digester yang dibangun dan memberi manfaat kepada 52 Kepala Keluarga.

“Namun kami tidak bisa sendiri, Pelestarian air adalah tanggung jawab bersama dan perlu banyak pihakuntuk terlibat. Kami membuka diri kepada semua pihak untuk bisa berkolaborasi bersama menjaga air” Tutup Ketut.

Tentang Danone-AQUA

Danone-AQUA merupakan pelopor Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) dan Minuman Ringan di Indonesia yang didirikan tahun 1973. Sebagai perwujudan visi dan komitmen dalam mengelola operasional secara bertanggungjawab dalam sosial dan lingkungan, AQUA mengembangkan inisiatif AQUA Lestari yang terdiri dari Perlindungan Sumber Daya Air, Pengurangan C02, Optimalisasi Kemasan dan Pengumpulan Sampah Kemasan dan Distribusi Produk secara Berkelanjutan yang dilakukan bekerja bersama pemangku kepentingan dan karyawan.

Danone-AQUA adalah bagian dari kelompok usaha DANONE, salah satu produsen produk makanan dan minuman terbesar di dunia. Di Indonesia sendiri, unit usaha DANONE meliputi tiga kategori utama, yaitu minuman (AMDK, minuman ringan non karbonasi, dan minuman teh), Nutrisi untuk Kehidupan Awal (Nutricia dan Sarihusada), serta nutrisi medis. Danone-AQUA merupakan Perusahaan FMCG pertama di Indonesia yang bersertifikasi B-Corp, yaitu standar tertinggi terhadap kinerja social dan lingkungan, transparansi dan akuntabilitas. Laporan keberlanjutan Danone-AQUA dapat diakses melalui www.aqua.co.id. Untuk masukan serta keluhan pelanggan, dapat disampaikan melalui AQUA Menyapa 08001588888 atau melalui Facebook Sehat AQUA dan www.aqua.com.id

Informasi lebih lanjut :

Rama Zakaria Stakeholder Relation Manager PT TIV – Pabrik AQUA Klaten 0811-7216-160 Rama.zakaria@danone.com

Rony Rusdiansyah External Commuication Danone Indonesia 081 252 95 278 Rony.rusdiansyah@danone.com

Comments

Baca Juga

IMG-20190915-WA0133

Berkat Pengabdian Masyarakat 2 PTS, Pemdes Barepan miliki Website Barepan.desa.id

Klaten (salfamedia.com) — Tim Pengabdi Kepada Masyarakat  gabungan dari 2 Perguruan tinggi swasta (PTS) di ...