Home | salfaNews | Begini Pesan Kepala Dispermasdes ke Kades Klaten
IMG20190520152018

Begini Pesan Kepala Dispermasdes ke Kades Klaten

Klaten (salfamedia.com) — Kepala Desa (Kades) di Kabupaten Klaten diminta untuk memahami segala peraturan dalam menjalankan Pemerintahan Desa (Pemdes). Kades juga diminta untuk mengelola Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes) secara transparan dan akuntabel.

Permintaan itu disampaikan Bupati Klaten yang diwakili Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (Dispermasdes) Kabupaten Klaten Joko Purwanto saat memberikan kuliah umum pada acara Bimbingan teknik (Bimtek) “Jurnalistik untuk desa dan aspek hukum penggunaan dana desa” di Gedung Wanita Klaten, Senin (20/5/2019).

Acara Bimtek ini diadakan oleh  Institute Pembangunan Desa Nasional (IPDN) bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Klaten dan sejumlah lembaga lain.

“Kepala Desa harus memahami segala peraturan dalam menjalankan Pemerintahan Desa. Seperti Undang Undang Desa, Peraturan Pemerintah, Peraturan Gubernur, Peraturan Daerah, Peraturan Bupati, dan lainnya. Hal ini dimaksudkan agar jalannya roda Pemerintahan Desa dapat berlangsung dengan baik,” katanya.

Joko Purwanto menyampaikan, sesuai peraturan, maka sebanyak 268 Kepala Desa yang baru saja dilantik oleh Bupati Klaten itu wajib segera menyusun Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa (RPJMDes) periode 2019 – 2025.

“Penyusunan RPJMDes itu harus segera dilakukan. Paling lambat 3 bulan setelah dilantik. Maka dalam waktu dekat ini akan diadakan pembekalan untuk penyusunan RPJMDes,” ujarnya.

Mantan Camat Jatinom ini menyatakan, dalam pengelolaan APBDes, Pemdes harus transparan. Salah satu bentuk dari transparasi itu dengan mencantumkan APBD dalam banner yang dipasang di tempat yang mudah dibaca oleh masyarakat.

“Selain transparansi, pengelolaan keuangan desa juga harus dilakukan secara akuntabel atau dapat dipertanggungjawabkan. Maka dibuatlah Siskeudes (Sistem Keuangan Desa), Sistem Informasi Pemerintahan Desa, dan lainnya . Untuk menjalankan sistem-sistem ini perlu didukung dengan SDM (sumber daya manusia) yang mumpuni, disiplin, dan kesejahteraan,” tandasnya.

Joko Purwanto berpesan kepada para Kepala Desa untuk berhati-hati dalam menjalankan Pemerintahan Desa.

“Di jaman reformasi ini, jadi kepala desa harus berhati-hati. Lakukanlah segala sesuatu sesuai dengan peraturan yang berlaku. Jangan main-main. Apalagi sampai melakukan korupsi,” pesannya. (L Sukamta)

Comments

Baca Juga

TMMD

Lokasi Betonisasi Jalan Sasaran Fisik TMMD Reg 105 Mulai Dipersiapkan

Klaten (salfamedia) – Komando Rayon Militer (Koramil) 01 Kota Klaten mulai mempersiapkan lokasi Betonisasi Jalan ...