Home | salfaNews | Tebar Bibit Ikan, Kuatkan Ketahanan Pangan
Pegang payung diselimuti hujan deras Puan Maharani tebar benih ikan nila.
Pegang payung diselimuti hujan deras Puan Maharani tebar benih ikan nila.

Tebar Bibit Ikan, Kuatkan Ketahanan Pangan

Klaten (salfamedia.com) —- Sebanyak 500.000 bibit ikan nila ditebar di kolam yang dikelola oleh kelompok pembudidaya ikan (Pokdakan) Karya Mandiri Desa Nganjat Kecamatan Polanharjo Klaten, Kamis siang (20/1/2022).

Penebaran bibit ikan nila secara simbolis dilakukan oleh ketua DPR RI Puan Maharani, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimulyono serta pejabat tinggi lainnya.

Kedatangan cucu Proklamator Ir Soekarno dan rombongan di Kabupaten Bersinar itu diguyur hujan deras. Puan Maharani dan rombongan turun dari mobil melangkah dengan pasti menuju kolam dengan membawa payung serta bertopi merah.

Pegang payung diselimuti hujan deras Puan Maharani tebar benih ikan nila.
Pegang payung diselimuti hujan deras Puan Maharani tebar benih ikan nila.

Dalam kesempatan itu dihadiri Bupati Klaten Sri Mulyani, jajaran Forum Pimpinan Daerah (Forkopimda), Camat Polanharjo, Joko Handoyo; Kepala Desa (Kades) Nganjat Pandu Sujatmoko dan tamu undangan lainnya.

Kepala Desa Nganjat Pandu Sujatmoko mengatakan penebaran benih ikan nila ini untuk mendukung ketahanan pangan khususnya dibidang perikanan terlebih di Desa Nganjat Kecamatan Polanharjo ini dikenal sebagai kawasan minapolitan.

Lanjutnya, Desa Nganjat memiliki tingkat produksi dan mutu tinggi ikan. Benih ikan nila ini ditebar di kolam ukuran kurang lebih 100 meter persegi. Benih ikan yang disebar hari ini diperkirakan bisa dipanen sekitar 3,5 bulan ke depan.

“Kolam ini dikelola oleh kelompok pembudidaya ikan (Pokdakan) Karya Mandiri, jumlah anggotanya sekitar 30 orang, “ucapnya.

Pandu Sujatmoko berharap semoga dehgan kunjungan Ketua DPR RI tersebut, para petani ikan dapat semakin mendapat perhatian. Di antaranya dengan adanya kebijakan yang menunjang keterserapan produk budidaya ikan.

Seusai menyebar bibit ikan nila di Desa Nganjat, Ketua DPR RI bersama rombongan tidak menyampaikan sepatah kata kepada wartawan.

Ia bergegas ke mobil melanjutkan perjalanan untuk meresmikan secara langsung jembatan gantung Girpasang, Desa Tegalmulyo, Kecamatan Kemalang, Klaten.

Comments

Baca Juga

IMG-20220521-WA0063

Begini Langkah Kementan Tunjuk Desa Burikan Sebagai Pioner Produktivitas Kedelai Nasional

Klaten (salfamedia.com) — – Kementerian Pertanian RI melalui Direktorat Tanaman Pangan menggelar Gerakan Tanam Kedelai di ...