Home | salfaNews | 268 Kades Dilantik, Begini Pesan Bupati Klaten
IMG-20190516-WA0035

268 Kades Dilantik, Begini Pesan Bupati Klaten

Klaten (salfamedia.com) — Bupati Klaten Sri Mulyani, melantik dan mengambil sumpah jabatan kepada ratusan kepala desa terpilih hasil pilkades serentak tahun 2019. Pelantikan dilakukan di Pendapa Kabupaten Klaten, Kamis (16/5/2019). Selain itu juga diserahkan cinderamata kepada kades terpilih berupa payung hias berwarna merah dengan logo Pemkab Klaten dimana payung tersebut kerajinan tangan khas dari kecamatan Juwiring.

Dikatakan Sri Mulyani, dengan adanya pemberian payung hias itu menandakan bahwa seorang pemimpin harus mampu mengayomi dan merangkul seluruh lapisan masyarakat tanpa membeda-bedakan.

Sri Mulyani mengatakan 268 kades ini merupakan hasil pemilihan kepada desa serentak tahap kedua yang digelar 13 Maret 2019 lalu. Terdiri dari 135 kades incumbent dan sisanya kades baru. Pelantikan dilaksanakan sehari setelah berakhirnya jabatan kepala desa lama periode 2013-2019.

“Saya minta para kepala desa yang baru dilantik bisa melaksanakan amanah masyarakat. Mari bekerja dengan baik, jujur, dan transparan,” ajak Sri Mulyani.

Menurutnya sebagai aparatur desa, maka para kepala desa dan perangkatnya harus siap berbaur dan memasyarakat dengan warga. Ada pitutur luhur para sepuh zaman dahulu untuk bisa kita amalkan. Sebagai aparatur negara, maka kita harus memiliki sifat rumekso, rumasuk, rumesep lan rumongso sebagaimana pelajaran para leluhur kita dulu.

Sifat rumekso yakni aparatur negara wajib merawat keutuhan bangsa dan kerukunan warga dan terpelihara dalam aktifitas-aktifitas kebaikan.  Gotong royong, musyawarah dan senang kerja bakti gugur gunung membangun masyarakat sebagai tata nilai warisan leluhur yang perlu dijaga dan dilestarikan.

Sifat rumasuk adalah aparatur negara yang memiliki sifat lembah manah, andap asor, grapyak semanak, sumadulur sehingga mampu hadir di tengah masyarakat menularkan perilaku ajur ajer menyatu dan membaur dengan aktifitas masyarakat dan tidak menjaga diri jauh dari komunitas sosial.

Sifat rumesep yakni mampu menghadirkan layanan yang paripurna sehingga membuat warga yang dilayani menjadi bahagia.  Sedangkan sifat rumongso bahwa sebagai pemimpin wajib menghadirkan nilai-nilai keteladan dan kecontohan yang baik dalam masyarakat. Sikap dan tutur kata seorang kepala desa harus sama, sehingga tumbuh kepercayaan masyarakat kepada pemerintah.

Acara tersebut dihadiri jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompinda) Kabupaten Klaten dan tamu undangan lebih 3000 orang. Pelantikan 268 kepala desa mendapatkan pengamanan dari jajaran Polres Klaten sehingga berjalan aman, lancar dan kondusif.

Comments

Baca Juga

IMG-20190820-WA0053

Pergantian Komandan, Danrem 074/Warastratama Pimpin Sertijab Dandim 0723/Klaten

Klaten (salfamedia.com) — Letkol Kav Minarso secara resmi dilantik menjabat Komandan Distrik Militer (Kodim) 0723/Klaten, ...