Home | salfaNews | Desa Plawikan Dipilih STPMD APMD Buat Field Study
FB_IMG_1664624493502

Desa Plawikan Dipilih STPMD APMD Buat Field Study

Klaten (salfamedia.com) — Sebanyak 45 mahasiswa Pascasarjana dari STPMD APMD Yogyakarta mengunjungi balai desa Plawikan Kecamatan Jogonalan Klaten Sabtu (1/10/2022) untuk field study dengan focus mendalami tugas pokok dan fungsi pemerintahan desa serta ketahanan pangan yang dibina oleh Kades untuk 29 RT.

Kedatangannya diterima oleh Kepala Desa (Kades) Plawikan Lilik Ratnawati di aula desa setempat dengan dipandu 5 orang dosen pembimbing lapangan.

Menurut Lilik Ratnawati, ketahanan pangan dimulainya dengan membangun kelompok wanita tani (KWT). bahwa waga dengan beberapa KWT yang menjadi nominasi 10 besar sudah siap menjadi lokasi study lapangan dan tidak harus dengan persiapan mendadak.

“karena Ketahanan pangan yang mereka wujudkan sebagai Kebun Aneka Sayuran sudah mereka dirikan dan dipelihara secara rutin dengan gotong royong, terjadwal, hingga panenannya pun mereka kelola secara bersama sama, “katanya.

Melalui Study Lapangan di Desa Plawikan tersebut, diharapkan bisa memberikan gambaran bagi para mahasiswa tentang peran serta masyarakat dalam mendukung 4 bidang tugas Pemdes seperti penyelenggaraan Tata kelola pemerintahan desa, Pembangunan Desa, pembinaan masyarakat serta pemberdayaan masyarakat desa.

Comments

Baca Juga

IMG-20221129-WA0104

Gelar Konser Musik, Cara Diskominfo Klaten Edukasi Warga Perangi Rokok Ilegal

KLATEN (salfamedia.com) —- Pemerintah Kabupaten Klaten melalui Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Klaten yang bekerjasama ...