Home | salfaNews | Rahmad Handoyo DPR RI dan BKKBN edukasi warga cegah Stunting
FB_IMG_1664380032539

Rahmad Handoyo DPR RI dan BKKBN edukasi warga cegah Stunting

Klaten (salfamedia.com) — Ketika usia seseorang bertambah, maka perlu upaya ekstra untuk menjaga dan memperhatikan kesehatan. Oleh karena itu, sangat penting bagi seseorang untuk melakukan pengecekan kesehatan secara berkala.

“jika seseorang berumur 40 taun keatas disarankan untuk berkunjung ke fasilitas kesehatan minimal enam bulan sekali. Hal itu guna mendeteksi lebih dini penyakit yang ada,” ujar anggota DPR RI Komisi IX, Rahmad Handoyo, saat acara promosi dan KIE program percepatan penurunan stunting di Joglo Desa Barepan Cawas Rabu (28/9/2022).

Pemateri dalam kesempatan ini perwakilan BKKBN Jawa Tengah Farida Sumarlin, staff Dinsos P3APPKB Nuryanti. Dihadiri Camat Cawas Much Prihadi, Kepala Desa se Kecamatan Cawas dan undangan lainnya.

Lanjut Rahmad Handoyo, Ahli medis bahkan menyarankan, ketika sudah menginjak kepala 4, sebaiknya Anda rutin melakukan general check up agar bisa terus memantau kondisi tubuh.

Jadi ketika ada penyakit muncul, bisa sedari dini tertangani. Sehingga bisa menghindarkan Anda tersiksa ketika memasuki usia senja.

Tak hanya itu, pencegahan stunting atau kekerdilan pada anak juga menjadi perhatian serius bagi pemerintah.

Rahmad mengatakan permasalahan stunting telah menjadi isu nasional, sebab stunting merupakan kondisi kekurangan gizi kronis pada anak yang terjadi dalam jangka waktu yang lama, menyebabkan anak tumbuh lebih pendek dari anak seumurannya. Tetapi, anak pendek belum tentu stunting dan anak stunting sudah tentu pendek.

Masalah stunting bukan hanya terjadi pada keluarga yang kurang mampu secara ekonomi akibat keterbatasan dalam memenuhi kebutuhan gizi anaknya, tetapi juga terjadi pada keluarga yang berkecukupan, karena pola asuh yang salah, seperti faktor kesibukan sehingga kurang memperhatikan gizi anaknya.

Comments

Baca Juga

IMG-20221129-WA0104

Gelar Konser Musik, Cara Diskominfo Klaten Edukasi Warga Perangi Rokok Ilegal

KLATEN (salfamedia.com) —- Pemerintah Kabupaten Klaten melalui Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Klaten yang bekerjasama ...