Home | salfaNews | Keren! Seniman asal Desa Pundungsari Ini Temukan Cara Unik Mengolah Ban Bekas
photoCollageMaker_20220112_154813819

Keren! Seniman asal Desa Pundungsari Ini Temukan Cara Unik Mengolah Ban Bekas

Barang bekas yang tak bernilai investasi, acapkali dianggap remeh. Namun barang bekas bisa mempunyai punya nilai tinggi, setelah dikreasikan menjadi benda-benda yang unik dan bermanfaat bagi manusia.

Di tangan Suparmin Anom Panggah Hastanto (53), barang-barang bekas mampu diubah menjadi benda-benda yang memiliki nilai seni tinggi. Warga Desa Pundungsari Kecamatan Trucuk Klaten ini, sukses mengubah aneka barang bekas menjadi beragam kerajinan. Salah satunya ban bekas.

“Membuat kerajinan tangan ini sudah dua bulan. Karena sepi tidak ada job dhalang saya inisiatif membuat kerajinan dari ban bekas. Ban itu didapat dari temen di wilayah Cawas. Dari ban bekas ini kemudian dibuat menjadi beragam kerajinan seperti kursi pot bunga, bandulan, mobil-mobilan,”ujarnya saat ditemui wartawan Rabu (12/1/2021) di kediamannya dukuh Koripan Desa Pundungsari Trucuk Klaten.

Lanjutnya, kerajinan ini kemudian dijual di berbagai wilayah, baik di dalam maupun di luar Klaten. Hasil karya Panggah ini dibanderol mulai dari Rp 150 ribu hingga jutaan rupiah, tergantung tingkat kesulitan dari bentuk kerajinan yang dibuatnya.

“Hasil dari kerajinan tangan ini jualannya tidak menentu. Kadang bisa laku sampai sembilan, kadang dua hari atau bahkan sepekan tidak laku,”ujarnya.

Ia sebagai dhalang saat ini masih sepi job untuk pentas wayang kulit akibat pandemic COVID-19 merebak sejak 2 tahun silam. Jauh sebelum adanya corona biasanya dalam sebulan, Panggah bisa mendalang di 10-15 lokasi.

“Saya ndalang ini sejak 2002 dan pernah ngajar kerawitan di SMA swasta di DKI jakarta. Saya berharap kegiatan seni bisa kembali dilonggarkan agar pelaku seni bisa kembali beraktivitas manggung.” Pungkasnya.

Comments

Baca Juga

IMG-20220118-WA0076

Razia 17 Hari di Klaten, Ratusan Kenalpot Brong Dimusnahkan

Klaten (salfamedia.com) —- Polres Klaten menindak 165 pemotor dalam operasi knalpot racing atau brong periode ...