Home | salfaNews | Relaksi Perut dengan Teko Mas untuk Mengatasi Learning Loss di SMA Negeri 2 Klaten
Kepala SMA Negeri 2 Klaten, Suharja.
Kepala SMA Negeri 2 Klaten, Suharja.

Relaksi Perut dengan Teko Mas untuk Mengatasi Learning Loss di SMA Negeri 2 Klaten

Klaten (salfamedia.com) — Hadirnya Pandemi Covid-19, di awal Maret 2020 telah mengubah dan membuat pola baru dalam pembelajaran di sekolah.

Pembelajaran tatap muka terbatas adalah pilihan yang harus diambil, seperti yang di lakukan oleh SMA Negeri 2 Klaten dan sekolah lainnya.

Keamanan dan keselamatan siswa, guru, dan tenaga kependidikan lebih utama, namun penjaminan proses pembelajaran yang bermutu di sekolah, tetap harus terjadi. Murid harus tetap belajar dan guru tetap harus mengajar.

“Untuk memastikan semua itu terjadi, kreasi dan inovasi seorang kepala sekolah mutlak diperlukan. Kepala sekolah perlu mencari dan menemukan solusi, agar kegiatan pendidikan dan pembelajaran yang bermutu, di masa pandemi tetap terjadi dan terus berlangsung,” jelas Kepala Sekolah (Kepsek) SMA Negeri 2 Klaten, Suharja.

Lebih lanjut Suharja juga menjelaskan praktik baik kolaborasi internal sekolah dalam Relaksasi Perut dengan Teko Mas dapat menjadi solusi agar tidak terjadi learning loss atau hilangnya kemampuan akademik pengetahuan atau ketrampilan peserta didik.

“Model Relaksi Perut dengan Teko Mas adalah model manejemen yang dilakukan melalui kegiatan perencanaan, pelaksanaan, evaluasi dan refleksi serta perbaikan berkelanjutan dengan sikap teladan, komitmen yang tinggi terhadap tugas, mencintai nilai kebenaran dan prestasi,” lanjut Suharja

Kolaborasi internal sekolah merupakan penerapan merdeka belajar yang melayani pendidikan yang sesuai dengan kebutuhan siswa sesuia dengan konteks keunggulan local (local wisdom)

“Dengan Metode Relaksi Perut dengan Teko Mas yang di padu dengan kolaborasi internal sekolah, diharapkan akan membentuk sistim pendidikan yang bermutu dan profesional meski masih pada masa pandemi covid-19,” pungkasnya. (ist/sur)

Comments

Baca Juga

IMG-20220118-WA0076

Razia 17 Hari di Klaten, Ratusan Kenalpot Brong Dimusnahkan

Klaten (salfamedia.com) —- Polres Klaten menindak 165 pemotor dalam operasi knalpot racing atau brong periode ...