Home | salfaNews | Liben Gugah Warga untuk Kelola Sampah Dengan Bijak
IMG_20210222_200541

Liben Gugah Warga untuk Kelola Sampah Dengan Bijak

Klaten (salfamedia.com) —- Di klaten seorang millenial usia 15 tahun, Temenku Lima Benua (Liben) menggelar pameran dari sampah yang berjumlah 30 buah dengan panjang mencapai 32,4 meter. Pameran yang mengusung tema Pilah sampah dari rumah.

Temanku Lima Benua (Liben)  saat pembukaan pameran menyampaikan, dalam pameran ini ditampilkan sekitar 30 karya seni yang semuanya merupakan hasil daur ulang sampah-sampah rumah tangga yang dikumpulkan sejak beberapa waktu yang lalu.

IMG_20210222_200541

“Adapun karya utama dari 30 karya yang ditampilkan yakni lukisan sepanjang 32,4 meter yang terbuat dari media kertas bekas dengan bahan lukisnya memakai arang dan injet. Karya ini menceritakan mulai dari peresmian TPA (Tempat Pembuangan Akhir) Leuwigajah di Jawa Barat sampai dengan terjadinya tragedi longsor yang memakan korban sekitar 154 orang,”katanya saat mengadakan pameran pada Senin pagi (22/2/2021) di sanggarnya dukuh Geritan, Desa Belangwetan, Klaten Utara.

Liben menuturkan, disaat pandemi ini ada sampah yang lebih berbahaya yaitu sampah medis. Hal tersebut kalau tidak dikelola dengan benar, menurutnya akan menimbulkan masalah baru.

Meskipun pembakaran atau insenerasi dulu pernah dilarang karena asap dan abunya bisa menimbulkan limbah Bahan Beracun dan Berbahaya (B3), tetapi sekarang KLHK telah merekomendasikan membakar sampah dengan tungku bakar (Insinerator) dengan temperatur diataa 800 Derajat Celsius,” terang dia.

Ia berharap, masyarakat sadar akan pengelolaan sampah. Sampah-sampah yang tidak terkelola itu tentunya, kata dia, selain berbahaya juga akan mengganggu keindahan lingkungan dan juga bisa menyebabkan bencana banjir.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Srihadi mengapresiasi gelaran pameran yang diadakan sanggar Liben. Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) menilai pengelolaan sampah yang baik dapat meningkatkan perekonomian warga ditengah pandemi Covid-19. DLHK mengklaim saat ini pengelolaan sampah masih menjadi persoalan dan harus diupayakan untuk meminimalisir terjadinya banjir saat musim hujan.

Comments

Baca Juga

IMG-20210304-WA0059

Alfian Kecelakaan Saat PKL, Butuh Bantuan Dua Tangan Robotik

Klaten (salfamedia.com) —– Kisah pilu dialami seorang pelajar  SMK di Klaten Jawa Tengah dimana ia ...