Home | salfaNews | Peduli Sesama, Karang Taruna Desa Kranggan Gelar Donor Darah
IMG-20200726-WA0063

Peduli Sesama, Karang Taruna Desa Kranggan Gelar Donor Darah

Klaten (salfamedia.com) – Darah Untuk Kehidupan, itulah slogan yang diusung oleh PMI dalam rangka untuk ikut peduli sesama, membantu masyarakat yang membutuhkan darah, seperti yang dilaksanakan Pemerintah Desa Kranggan, Polanharjo, Kabupaten Klaten, Minggu (26/07/2020).

Dengan mengandeng Karang Taruna Desa Kranggan Pramudya Niskara Tunas Muda Harapan Bangsa menggelar acara aksi sosial donor darah, dengan mengambil tema Guyub Rukun Peduli Sesama yang dipusatkan di gedung olah raga dan diikuti 50 orang pendonor berjalan lancar, aksi sosial ini melibatkan PMI Cabang Klaten.

Kegiatan donor darah ini sebetulnya merupakan kegiatan rutin dari Karang Taruna Desa Kranggan yang diadakan setiap tiga bulan sekali.

“Alhamdulillah kegiatan ini disambut baik oleh warga Desa Kranggan, sehingga tidak kurang dari 50 warga selalu ikut mendonorkan darahnya untuk membantu warga yang membutuhkan,” jelas Kepala Desa Kranggan yang sekaligus juga Ketua Paguyuban Karang Taruna Kecamatan Polanharjo Gunawan Budi Utomo.

Lebih lanjut Gunawan menjelaskan program karangtaruna Desa Kranggan selain donor darah, juga melakukan cek darah secara massal, hal ini dimaksudkan agar karangtaruna mempunyai data jenis golongan darah seluruh warga, agar sewaktu-waktu warga membutuhkan, karang taruna tinggal menghubungi warga yang mempunyai jenis golongan darah yang sama.

Selain itu dengan didukung penuh oleh Pemerintah Desa, karangtaruna akan membangun tempat cucian kendaraan, di bidang peningkatan ekonomi warga karangtaruna akan membangun kolam ikan dengan memanfaatkan aliran sungai, yang melewati Desa Kranggan, juga seluruh warga akan dibagi jenis tanaman di polybak, yang dirawat oleh warga desa Kranggan lanjut Gunawan.

Sedang di bidang wisata lanjut Gunawan, pemerintah desa bekerjasama dengan karangtaruna akan membangun kolam renang diatas tanah kas dekat pohon beringan besar, yang diyakini ada sumber airnya.

Tidak kalah pentingnya Kantor Desa Kranggan akan di desain ulang, dimana seluruh ruangan akan dibuat selain untuk kantor, juga akan di di tonjolkan desain yang menampilkan produk unggulan, seperti pisau, atau peralatan rumah tangga dari besi, bahkan akan disiapkan juga tempat latihan membuat pisau. (Sur)

Comments

Baca Juga

FB_IMG_1596092058175

Pameran Binnale Bank Sampah Usai, Harapkan Dapat Merubah Mindset Masyarakat

Klaten (salfamedia.com) —–Setelah digelar selama sepekan mulai 23 Juli hingga 30 Juli 2020, Dinas Lingkungan ...