Home | salfaNews | Razia Penggunaan Masker Kalikotes, 30 Orang Kena Sanksi Bernyayi Dan menghafal Pancasila
FB_IMG_1594125068153

Razia Penggunaan Masker Kalikotes, 30 Orang Kena Sanksi Bernyayi Dan menghafal Pancasila

Klaten (salfamedia.com) —– Sebanyak 30 orang yang tengah melintas di pertigaan Desa Ngemplak kecamatan Kalikotes terjaring razia oleh gugus tugas pencegahan penyebaran virus Corona kecamatan Kalikotes karena tidak memakai masker saat beraktivitas di tengah pandemi virus corona (Covid19).

Mereka dihukum dengan cara melafalkan Pancasila, menyanyi lagu nasional hingga disita identitasnya seperti e-KTP.

Untuk warga yang e-KTP disita mereka diminta untuk mengambil masker ke rumah atau bisa membeli ditoko terdekat.

Camat Kalikotes Seniwati menuturkan operasi itu digelar guna meningkatkan kesadaran masyarakat saat keluar rumah harus memakai masker pada saat pandemi virus corona. Kegiatan serupa juga telah digelar sejak Senin kemarin (6/7/2020) dengan diberbagai titik.

“Dalam razia ini berhasil menjaring 30 orang tak bermasker, mereka diganjar hukuman berupa menyita e-KTP, menyanyikan lagu nasional ataupun melafalkan Pancasila,”tuturnya.

Dikatakan Seniwati, sebagian besar warga telah mematuhi dengan menggunakan masker. Adapun mereka yang terjaring saat razia masker beralasan lupa, hingga beralasan jarak dekat.

Kepala Desa Ngemplak Tri Maryani mengatakan, selain diminta menghafal Pancasila, pihaknya juga menyita KTP warga yang tidak menggunakan masker, warga diminta mengambil KTP juga mengenakan masker.

“Tujuannya untuk shock terapi dan membuat mereka jera, KTP kami minta untuk diambil di desa, kemudian berjanji tidak mengulangi lagi. Penggunaan masker ini untuk mencegah penularan Covid-19,” kata Tri.

Comments

Baca Juga

FB_IMG_1596092058175

Pameran Binnale Bank Sampah Usai, Harapkan Dapat Merubah Mindset Masyarakat

Klaten (salfamedia.com) —–Setelah digelar selama sepekan mulai 23 Juli hingga 30 Juli 2020, Dinas Lingkungan ...