Home | salfaNews | 175 KPM di Desa Tirtomarto Terima BLT DD, Camat Minta Tak Gunakan Buat Beli sepeda
FB_IMG_1592986475479

175 KPM di Desa Tirtomarto Terima BLT DD, Camat Minta Tak Gunakan Buat Beli sepeda

KLATEN (salfamedia.com) —– Jumlah desa yang sudah menuntaskan penyaluran bantuan langsung tunai (BLT) dana desa (DD) tahap II sebanyak 20 desa. Pada Rabu (24/6/2020) terpantau Pemerintah desa (Pemdes)  Tirtomarto menyalurkan bantuan kepada 175 keluarga penerima manfaat (KPM) terdampak pandemi Covid19. Camat Cawas Prihadi saat monitoring meminta kepada KPM agar menggunakan untuk keperluan sehari-hari, bukan keperluan konsumtif seperti membeli sepeda.

Pemerintah melalui dana desa meluncurkan BLT-DD untuk warga kurang mampu terdampak Covid-19 selama 3 bulan periode Mei, Juni, Juli.

Kepala desa Tirtomarto, Agung Nugroho menuturkan sebetulmya kuota untuk warga desanya yang menerima bantuan langsung tunai itu sebanyak 259 KK tetapi hanya diambil sebanyak 175 kk mengingat telah ada bantuan lain yang digelontorkan oleh pemerintah.

Menurut agung hal itu perlu adanya edukasi bagi masyarakat untuk saling memahami karena semua terdampak,  tak hanya disisi lain ada yang memiliki kemampuan dari segi ekonomi lebih maka tidak dipihaki. “karena bantuan ini disalurkan untuk meringankan beban warga yang terdampak pandemi virus Corona atau Covid-19. Kepada masyarakat penerima BLT-DD ini kami meminta agar dapat mensyukuri dan memanfatkan untuk memenuhi kebutuhan rumah tangganya sehari-harinya,”tuturnya.

Sementara itu Camat Cawas Prihadi menilai bahwa penyaluran BLT DD tahap 2 diwilayahnya semua desa sudah menyalurkan bantuan dengan aman dan lancar yang diagendakan selama dua hari  dari Selasa hingga Rabu (23-24/6/2020). ada 1 desa yang belum menyalurkan bantuan mengingat saat ini ada warganya yang positif tetapi akan disalurkan lain waktu.

“Menghimbau kepada penerima bantuan agar digunakan secara bijak seperti untuk pemenuhan kebutuhan sehari-hari dan tidak untuk keperluan yang bersifat konsumtif sepeti membeli sepeda ataupun telepon genggam mengingat saat ini Pandemi belum berakhir,”tuturnya.

Secara umum penyaluran BLT DD tahap 2 di kecamatan Cawas Pemdes mengendepankan protokol kesehatan pencegahan penyebaran virus Corona. Penerima bantuan mengenakan masker, mencuci tangan pakai sabun (CTPS) serta diminta untuk jaga jarak antar warga.

Comments

Baca Juga

images

Corona Klaten, 6 Sembuh dan Penambahan Pasien Positif Covid19 asal Tulung dan Cawas

Klaten (salfamedia.com) —– Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kab.Klaten mengumumkan data terbaru mengenai penyebaran Covid-19 ...