Home | salfaEkbis | Virtual Tour, Jelajah Taman KEHATI Aqua Klaten
IMG-20200605-WA0052

Virtual Tour, Jelajah Taman KEHATI Aqua Klaten

Klaten (salfamedia.com) —- World Environment Day atau yang lebih dikenal dengan Hari Lingkungan Hidup Sedunia diperingati setiap tanggal 5 Juni demi meningkatkan kesadaran global untuk mengambil tindakan positif dalam melindungi alam dan planet Bumi.

Hari Lingkungan Hidup diperingati sejak tahun 1972 dan ditetapkan oleh Majelis Umum PBB. Pada tahun 2020, tema Hari Lingkungan Hidup Sedunia adalah “Time For Nature” yang mengajak seluruh umat manusia untuk sadar dan peduli atas kebaikan lingkungan yang harus dimanfaatkan secara seimbang dan dijaga kelestariannya untuk generasi mendatang.

Peringatan hari lingkungan hidup sedunia kali ini sangat terasa beda, yaitu dengan adanya pandemic COVID-19 sehingga berbagai bentuk aksi yang biasa dilakukan oleh para penggiat lingkungan dilakukan secara terbatas dan harus mematuhi protokoler kesehatan.

PT Tirta Investama-Pabrik Klaten (Pabrik AQUA Klaten) sebelum masa pandemi COVID-19 selalu menerima kunjungan belajar dari berbagai komunitas baik pelajar, mahasiswa, dan masyarakat umum ke area Taman KEHATI (Keanekaragaman Hayati) yang dilakukan minimal 1 kali dalam seminggu, dan tidak kurang dari dari 150 orang dalam setiap bulannya, tetapi dalam kondisi COVID-19 PT Tirta Investama-Pabrik Klaten mematuhi protokoler COVID-19 untuk mentiadakan kunjungan belajar selama masa pandemi COVID-19 ini.

Dalam masa persiapan new normal yang bertepatan dengan Hari Lingkungan Hidup Sedunia 5 Juni 2020 hari ini, PT Tirta Investama-Pabrik Klaten melakukan inovasi dalam penyelenggaran kunjungan belajar di Taman KEHATI AQUA Klaten yaitu dengan model VIRTUAL TOUR dengan tema “Jelajah Taman KEHATI AQUA Klaten” yang di selenggarakan Live Streaming melalui Facebook dan Instagram. Virtual Tour ini di pandu oleh Nanda Satya Nugraha (Rimbawan Fahutan-INSTIPER Jogajakarta), Atta Verin (Ponggok Green Literacy) dan Rama Zakaria (Sustainable Development Manager-AQUA Klaten).

Rama Zakaria selaku Stakeholder Relation Manager menjelaskan bahwa di masa pandemi COVID-19 ini mendorong AQUA Klaten untuk melakukan inovasi agar penyelenggaraan kunjungan ke Taman KEHATI tetap bisa dilakukan walaupun para peserta tetap di berada di rumah.

Jumlah peserta dalam Virtual Tour ini tercatat 215 orang baik yang menggunakan fasilitas Facebook maupun Instagram yang etrdiri dari berbagai unsur baik pelajar, mahasiswa, ASN, masyarakat umum, dunia usaha dan media.

Para peserta Virtual Tour diajak menjelajah Taman KEHATI dengan agenda perjalanan mulai dari mengenal flora-fauna khas Jawa, koleksi anggrek endemik Merapi, simulasi observasi spesies Aves (burung) dengan menggunakan binocular dan monocular, pengenalan database pohon secara online juga mengamati biota sungai Pusur. Kamera yang digunakan adalah kamera 360° sehingga peserta dapat menggunakan VR google untuk mengamati seluruh landscape yang ada di Taman KEHATI.

Plant Director PT Tirta Investama-Pabrik Klaten I Ketut Muwaranata mengatakan bahwa komitmen AQUA dalam menjalankan bisnisnya juga berlandaskan kepada dual commitment atau komitmen ganda perusahaan yaitu sukses secara bisnis itu harus sejalan dengan inovasi social, melalui Virtual Tour ini kami ingin tetap mengalirkan kebaikan untuk memperluas penyadartahuan public terhadap pelestarian biodiversity. (***).

Comments

Baca Juga

IMG_20200327_183035 copy

Danone Indonesia, Dukung Donasi 10.000 Tempe untuk Warga Terdampak Covid 19.

Klaten (salfamedia) – Dalam rangka meringankan beban masyarakat akibat wabah covid-19 juga untuk tetap mendorong ...