Home | salfaNews | Manfaatkan Layanan Desa Pintar, Pemdes Pundungan Petakan Potensi Desa
FB_IMG_1582030378293

Manfaatkan Layanan Desa Pintar, Pemdes Pundungan Petakan Potensi Desa

Klaten (salfamedia.com) —- Desa di klaten terus melakukan gebrakan dan inovasi pelayanan untuk masyarakatnya. Desa-desa pun juga penuh inovasi, salah satunya Desa Pundungan kecamatan Juwiring Klaten yang bekerjasama dengan Informa Studios.

Nuraini Suci petugas dari Informa Studios yang merupakan aplikasi Desa Inovatif Lancar Administrasi (Dilan) yang diterapkan di desa Pundungan ini diawali dengan penyajian data secara digital dan geospasial.

“Dalam aplikasi ini kita sajikan beberapa fitur seperti data kependudukan, sistem informasi layanan publik, peta desa dalam bentuk bidang tanah, sistem informasi keuangan desa, dan lainnya. Apa yang ada dalam fitur ini tersaji semua,” ujarnya.

Dikatakan Suci, proses pemetaan desa menggunakan drone sehingga mempermudah dalam mengindentifikasi letak spasial. Isi konten aplikasi Dilan bisa disesuaikan dengan kebutuhan desanya.

“Untuk desa Pundungan ini sendiri aplikasi Dilan berisi persebaran data usaha mikro kecil menengah (UMKM) serta beberapa rumah tidak layak huni (RTLH) serta data anak dan kedepannya akan ditambahkan beberapa fitur,”katanya saat ditemui di stand acara sambang warga bupati Klaten di lapangan desa Bulurejo, Juwiring.

Sementara kepala desa (kades) Pundungan mengaku bangga dengan aplikasi ini yang dapat mempermudah dalam melakukan pemetaan desanya serta beberapa potensi UMKM. Apabila potensi sudah diketahui lewat aplikasi ini kedepannya pemerintah desa (Pemdes) juga akan mengembangkan potensi desanya.

“Dengan teknologi informasi dapat memberdayakan potensi dan sumberdaya unggul untuk menjawab persoalan yang dihadapi masyarakat,dan desa tidak akan ketinggalan dengan desa lainnya,”ujarnya.

Comments

Baca Juga

IMG-20200331-WA0032

Perangi Covid19, Tim Gabungan Semprot Ruas Jalan Protokol Klaten

Klaten (salfamedia.com) —- Jajaran Polri, TNI serta relawan Klaten melakukan penyemprotan disinfektan di sejumlah jalan ...