Home | salfaNews | Tanggul Sungai Gamping Kembali Jebol, Sawah Petani Tergenang
FB_IMG_1581765010345

Tanggul Sungai Gamping Kembali Jebol, Sawah Petani Tergenang

Klaten (salfamedia.com) —- Hujan deras yang mengguyur lebih dari 2 jam Sabtu  (15/2/2020) siang mengakibatkan tanggul sungai di Karangasem Cawas Klaten kembali jebol dan merendam puluhan hektar sawah petani sehingga sebagian petani terancam gagal panen.

Sekretaris camat (Sekcam) Cawas, Joko Purwanto menuturkan tanggul sungai gamping Karangasem Cawas jebol dikarenakan intensitas hujan yang turun cukup lebat dan tanggul tidak mampu menahan debit air.

“Tanggul sungai gamping Karangasem Cawas yang jebol sepanjang 20 meter dan merendam 40 hingga 50 hektare lahan pertanian disekitarnya,”tuturnya saat ditemui wartawan di lokasi.

Jebolnya tanggul membuat sejumlah sawah terdampak banjir dan merendam tanaman padi petani.

Akibat kejadian tersebut membuat sebagian tanaman padi petani yang dekat dengan tanggul jebol mengalami kerusakan. Meski tidak banyak yang rusak namun petani tetap khawatir karena jebolnya tanggul mengancam puluhan hektare lahan pertanian.

Tanggul sungai ini sudah beberapa kali jebol, bahkan masyarakat sudah memperbaiki dengan kawat Bronjong serta karung berisikan tanah yang dilakukan secara gotong royong namun jebol kembali.

Comments

Baca Juga

IMG-20200331-WA0032

Perangi Covid19, Tim Gabungan Semprot Ruas Jalan Protokol Klaten

Klaten (salfamedia.com) —- Jajaran Polri, TNI serta relawan Klaten melakukan penyemprotan disinfektan di sejumlah jalan ...