Wednesday,19 February 2020
Home | salfaNews | CFD Sojiwan Diharapkan Bisa Menumbuhkan Ekonomi Desa Kebondalem Kidul
sojiwan

CFD Sojiwan Diharapkan Bisa Menumbuhkan Ekonomi Desa Kebondalem Kidul

KLATEN (salfamedia.com) —- Pemerintah Desa Kebondalem Kidul, Kecamatan Prambanan sejak Oktober tahun lalu memberlakuan aturan bebas kendaraan mulai jam 06.00-11.00 WIB.

Disepanjang jalan depan kantor desa ke barat hingga 200 meter sudah berjajar sejumlah pedagang yang menjajakan dagangannya mulai dari batik, pakaian, kuliner, kerajinan dan lainnya.

Kepala Desa Kebondalem Kidul, Kecamatan Prambanan, Wahyu Tri Wibowo mengatakan   CFD Desa Sojiwan Pembukaan  Car free Daya candi sojiwan di meriahkan dengan berbagai kegiatan seperti, senam sehat, jalan sehat dan sejumlah kegiatan lainnya.

“Mengurangi polusi udara kendaraan, pemberdayaan masyarakat, membuka lapangan pekerjaan membuka lapangan ekonomi bagi usaha mikro kecil menengah (UMKM) di Desa Sojiwan”,katanya.

Selain dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat program CFD yang dikelola oleh Karangtaruna, Pokdarwis dan BUMDes ini juga dapat meingkatkan pendapatan asli desa di Kebondalem Kidul.

“PADes Kebondalem Kidul ini baru sedikit, hanya 72 juta per tahunnya, haparapannya kedepan dengan pengembangan wisata candi sojiwan ini dapat menambah PADes”,ucapnya.

Kepala Bidang Ekonomi Badan Perencanaan, Penelitian dan Pengembangan Daerah, Bappeda Klaten, Himawan Pamungkas sangat mendukung program CFD Sojiwan ini. Diharapkan program ini dapat dekelola dengan maksimal sehingga dapat meningkatkan pendapatan ekonomi masyarakat.

“Desa Kebondalem Kidul ini memiliki potensi wisata dengan adanya candi sojiwan, harapannya dengan kegiatan ini dapat meningkatkan perkemabngan potensi ekonomi maupun UKM di desa ini”,ungkapnya.

Comments

Baca Juga

FB_IMG_1581860691970

Family Day, SDIT Muhammadiyah Sinar Fajar Libatkan Wali Santri Dalam Pembelajaran

Klaten (salfamedia.com) —– Guna memupuk kebersamaan antara siswa dengan seluruh keluarga besar SDIT Muhammadiyah Sinar ...