Home | salfaNews | 100 Perangkat Desa Kutai, Study Banding di Ponggok
Sebanyak 100 perangkat desa dan tokoh adat di Kutai Kertanegara study banding di Desa Ponggok, kemarin.
Sebanyak 100 perangkat desa dan tokoh adat di Kutai Kertanegara study banding di Desa Ponggok, kemarin.

100 Perangkat Desa Kutai, Study Banding di Ponggok

Salfamedia.com,KLATEN-Sedikitnya 100 peserta Kepala Desa, Perangkat Desa, Tokoh masyarakat, BPD, LPM, dan tokoh adat se -Kabupaten Kutai, Kertanegara study banding di Desa Ponggok, Rabu(11/11).

Dalam study bandingnya mereka menanyakan pengelolaan BUMdes dan administrasi Desa Ponggok. Salah seorang perangkat desa dari Desa Bangunrejo, Kecamatan Tenggarong Sebrang, Kabupaten Kutai Kertanegara Ahmad Udin mengutarakan, yang paling menarik di Desa Ponggok ini adalah administrasinya serta adanya BUMdes.

“Di sana ADD nya besar, kurang lebih Rp 4 miliyar. Namun cara pengelolaanya belum sebagus seperti di Desa Ponggok. Padahal disana penghasilan terbesar itu dari tambang, ya mungkin soal SDM nya,” katanya.

Sekretaris Desa Ponggok Yani Stiadi mengatakan, pada intinya perangkat desa harus berani mengembangkan desa sendiri serta mau mengelola sumber mata yang dimiliki desa tersebut, jangan sampai hasil bumi yang ada didaerahnya (Desa,red) dikuasai oleh kapitalis.

“Desa harus bisa mengembangkan usaha BUMdes, sebab dengan BUMdes masyarakatnya akan sejahtera,” terang dia.

Sementara Kepala Desa Ponggok Junaidi mengungkapkan, ingin desa nya maju perlu proses yang sangat panjang. Sebagai perangkat desa harus berani memulai sejak sekarang, jangan sampai tertunda-tunda. Sebab, kalau tidak segera dimulai tidak ada keberhasilan di desa tersebut.

Selain berani bersaing, kata dia, perangkat desa juga harus bisa memaknai adanya uandang-undang desa no 6 tahun 2014 tersebut. Dan harus mempunyai program kedepan.

“Jangan sampai ada kuncuran dana habis begitu saja, semua itu harus ada perencanaan sejak awal,” tungkasnya.

Comments

Baca Juga

814589f8b3b946e7a5181bf916830774

Berselimut Haru dan Gembira Warnai Pelepasan 19 Siswa SDN 2 Tegalrejo

Klaten (salfamedia.com) — SD Negeri 2 Tegalrejo Kecamatan Bayat Klaten menggelar acara perpisahan siswa-siswi sebanyak ...