Home | salfaNews | ‎Cegah Corona, Pemdes Ngemplak Edukasi Warga Untuk Gunakan Masker
FB_IMG_1595600916823

‎Cegah Corona, Pemdes Ngemplak Edukasi Warga Untuk Gunakan Masker

Klaten (salfamedia.com) —- Meningkatnya jumlah pasien positif terpapar Covid-19 di Kabupaten Klaten mendapat perhatian serius dari Pemerintah Desa (Pemdes) Ngemplak, Kecamatan Kalikotes.

Berbagai upaya terus dilakukan demi memutus mata rantai penyebaran virus corona di desa yang berpenduduk sekitar 3.000 jiwa tersebut. Salah satunya dengan melakukan razia masker kepada masyarakat yang tengah melintas di ruas Jalan Ngemplak, Jumat (24/7/2020) pagi.

Kepala Desa (Kades) Ngemplak, Kecamatan Kalikotes Tri Maryani menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada Muspika Kecamatan Kalikotes yang sudah membantu jalannya kegiatan operasi masker.

Menurutnya, kegiatan ini merupakan sesuatu yang sangat kecil bisa disumbangkan untuk bangsa ini.

“Jika kita lihat ini merupakan hal yang sepele jika kita menggunakan masker namun itu dampaknya sangat luar biasa bagi kita,” kata Tri disela-sela kegiatan operasi masker.

Tri menambahkan, kegiatan ini juga untuk sarana mengedukasi warga tentang betapa pentingnya penggunaan masker di tengah merebaknya wabah virus corona.

“Hari ini kita menjaring sekitar 40an orang, namun mayoritas warga di luar Desa Ngemplak. Jumlah ini alhamdulillah menurun dibanding kegiatan sebelumnya,” jelas Tri.

Menurutnya, usaha  lain yang sudah dilakukan Pemdes Ngemplak untuk mencegah penyebaran corona di desa adalah dengan mengedukasi warga untuk selalu menaati protokol kesehatan.

“Salah satunya kita tidak boleh berkerumun. Selalu menjalani pola hidup bersih dan sehat serta menyediakan tempat cuci tangan di rumah masing-masing,” kata Kepala Desa Ngemplak.

Dia menambahkan, kegiatan ini juga menjadi langkah antisipasi atau mencegah agar pandemi corona tidak masuk ke Desa Ngemplak yang saat ini masuk dalam kategori zona hijau.

Sementara itu, puluhan warga yang terjaring dalam operasi masker mendapat pengarahan dari Kanit Binmas Polsek Kalikotes Aiptu Suryanto.

Dalam pesannya, Aiptu Suryanto mengingatkan kepada warga pelanggar tentang pentingnya untuk selalu menjaga pola hidup bersih dan sehat demi memutus mata rantai penyebaran virus corona. (chy)

Comments

Baca Juga

FB_IMG_1596092058175

Pameran Binnale Bank Sampah Usai, Harapkan Dapat Merubah Mindset Masyarakat

Klaten (salfamedia.com) —–Setelah digelar selama sepekan mulai 23 Juli hingga 30 Juli 2020, Dinas Lingkungan ...